View Full Version
Kamis, 20 Feb 2014

Firdaus Memorial Park: 3 bulan Pasca Launching, 420 Pewakaf Telah Bergabung

Taman Wakaf Pemakaman Muslim “Firdaus Memorial Park”

Pepatah lama mengatakan All start is difficult (setiap permulaan akan terasa sulit). Begitu yang terasa saat mengawali ‘uji publik’ program Taman Wakaf Pemakaman Muslim Firdaus Memorial Park (FMP) sepenggal 2012 lalu ke tengah masyarakat.  Ide program yang ditawarkan menuai beragam tanggapan. Ada yang langsung mendukung, ada pula yang bahkan mencerca, lantaran menganggap FMP tak berbeda dengan konsep pemakaman lainnya, yang berorientasi profit.

Tercatat sampai dengan medio Februari 2014, tak kurang dari 420 wakif sudah berakad untuk turut serta mewujudkan aset umat ini.

Meski begitu, tak menyurutkan langkah kami untuk terus maju mewujudkan solusi atas permasalahan ketersediaan lahan pemakaman umat, termasuk keluarga dhuafa,  yang asri, nyaman, ramah lingkungan dan sesuai syariah. inilah yang mendasari gerak langkah kami di Lembaga Wakaf Produktif (WakafPro 99). Bukankah menyediakan lahan pemakaman hukumnya fardhu kifayah (kewajiban kolektif)?

Hampir 3 bulan pasca launching program 7 Desember 2013 lalu, animo masyarakat kian meningkat terhadap keberadaan fasilitas publik, Taman Wakaf Pemakaman Muslim "Firdaus Memorial Park" (FMP). Tak sedikit diantaranya yang penasaran, ingin melihat langsung lokasi pemakaman yang terletak di tengah area perkebunan teh Panglejar Bagian Maswati, di Kecamatan Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat ini.

Benarkah seperti yang kerap disampaikan melalui pelbagai saluran komunikasi, bahwa Firdaus Memorial Park itu nyaman, asri, ramah lingkungan, dan sesuai syariat?

Maka pada Sabtu, 15 Februari lalu, tim WakafPro sengaja menggelar TeaWalk Part 2, jalan-jalan santai di sekitar lokasi FMP yang memang dikelilingi oleh hamparan perkebunan teh. Sekitar 100 peserta yang terdiri dari para wakif (orang yang berwakaf) dan calon wakif yang ingin terlebih dahulu menyaksikan langsung, sebelum memutuskan untuk bergabung bersama segenap masyarakat peduli lainnya, turut serta dalam gelaran ini.

Dampaknya, Alhamdulillah sambutan masyarakat yang bergabung menjadi wakif kian menggembirakan. Tercatat sampai dengan medio Februari 2014, tak kurang dari 420 wakif sudah berakad untuk turut serta mewujudkan aset umat ini. Dari jumlah itu, 210 di antaranya sudah melunasi akad wakaf sejumlah Rp 10 juta. Selebihnya, ikut serta dalam program tabungan wakaf, dengan jumlah angsuran wakaf senilai Rp 250 ribu - sampai Rp 1 juta perbulannya.

Dengan adanya  210  wakif yang sudah melunasi pembayaran wakafnya, berarti saat ini terdapat 630 kaveling yang sudah siap disiapkan. Bila satu kaveling yang sudah disiapkan  berukuran 2x1 meter, berarti lahan yang sudah siap pakai sekitar 1.260 meter persegi. Saat ini baru 5 hektar lahan pemakaman yang sudah dibebaskan, dari rencana total 21 hektar. Sedianya, bulan Juni 2014 mendatang, kembali akan dibebaskan sebanyak 6 hektar. Mohon doa dari pembaca dan segenap kaum peduli, semoga segala sesuatunya dapat berjalan lancar, penuh keberkahan.

"Firdaus Memorial Park" sendiri merupakan pemakaman pertama di Indonesia yang dikelola dari dana wakaf umat, untuk menjawab kebutuhan akan makam yang asri, nyaman, ramah lingkungan, dan sesuai syariat, dimana unsur estetika berpadu manis dengan nilai syariat. Sedianya FMP dilengkapi juga oleh berbagai fasilitas, seperti layanan 24 jam untuk pemulasaraan dan pengantaran jenazah yang bebas biaya, masjid, sarana pendidikan (pesantren tahfidz), sarana ekonomi produktif (pertanian dan peternakan), taman, dan beberapa lainnya.

Untuk itu, kami mengajak segenap kaum muslimin untuk menjadi bagian dari solusi pemakaman syar’i melalui program Taman Wakaf Pemakaman Muslim "Firdaus Memorial Park".  Semoga Allah SWT membalas kebaikan kita dengan ganjaran berlipat. Amiin.

Pengirim:

HB Sungkaryo
gm marketing communications SINERGI Foundation


latestnews

View Full Version