View Full Version
Jum'at, 30 Jan 2015

Ide Lokal Versus Ide Import

Sahabat VOA-Islam…

Aneh bila ada yang menolak Syariah dan Khilafah dengan alasan ide import. Karena penolakan terhadap suatu ide tidaklah dapat dinilai dari lokal atau importnya ide tersebut. Bukankah semua agama yang ada di Indonesia adalah ide import? Mungkin hanya animisme dan dinamisme yang merupakan kepercayaan asli nenek moyang Indonesia.

Begitu pun demokrasi, sekulerisme, liberalisme dan kapitalisme. Semuanya adalah ide import. Tetapi semuanya diakui di Indonesia.  Oleh karena itu, penerimaan suatu ide bukanlah dinilai dari lokal atau  importnya ide tersebut.

Kapitalisme liberal dan demokrasi terlahir dari ideologi sekulerisme (pemisahan agama dari kehidupan). Karena itulah menurut sekulerisme, agama hanyalah urusan privat dan tidak boleh masuk ke ruang publik.

Agama hanyalah menjadi hiasan moral semata dan tidak boleh menjadi hukum positif. Allah swt diyakini keberadaannya, tetapi hukumnya diingkari untuk diterapkan. Sehingga wajar bila ideologi sekulerisme telah menimbulkan kerusakan di daratan dan di lautan (lihat Q.S. Ar Rum[30]:41).

Peningkatan angka kemiskinan, kehidupan sosial yang hedonistik, perilaku yang permissive, politik yang oportunistik, pendidikan yang liberalistik dan kerusakan lingkungan hidup, adalah beberapa dampak buruk dari penerapannya.

Adapun ide Syariah dan Khilafah justru mengajak manusia untuk patuh terhadap aturan Allah swt. Kekayaan alam Indonesia adalah anugerah Allah swt. Selayaknya kita bersyukur dengan taat penuh kepada-Nya. Bukan malah berpaling dari-Nya dengan memisahkan aturan-Nya (Syariah) dari kehidupan.

Dalam Q.S. Ali Imran[3] : 102-104, Allah swt telah memerintahkan kita untuk bertaqwa (taat Syariah), berpegang teguh kepada Al Quran secara berjamaah (ukhuwwah) dan dakwah. Ketiganya hanya dapat terwujud dengan menerapkan Syariah dan Khilafah.

Karena itu, lokal atau import bukanlah alasan untuk menolak suatu ide. Tapi sejalankah ide itu dengan keyakinan kita sebagai seorang hamba Allah, yang selayaknya tunduk dan patuh kepada-Nya dalam berbagai aspek kehidupan. [syahid/voa-islam.com]

Kiriman Ary Herawan, (Pendidik, tinggal di Kota Tasikmalaya)


latestnews

View Full Version