View Full Version
Jum'at, 04 May 2018

Khutbah Jumat Seruan Aksi 'Bebaskan Baitul Maqdis'

TEKS UNTUK KHUTBAH JUMAT SERUAN AKSI

"BEBASKAN BAITUL MAQDIS!"

Jumat, 4 Mei 2018

Hadirin Jamaah Jumat yang dimuliakan Allah…!

Hari ini, kita berada pada tanggal 18 Sya’ban. Artinya kita akan memasuki bulan suci Ramdhan kurang lebih 12 hari lagi. Semoga Allah memberkahi di bulan Sya’ban ini dan diberikan kesempatan untuk menikmati ibadah di bulan suci Ramadhan.

Hari ini juga, serentak di seluruh wilayah di Indonesia, umat Islam Indonesia diserukan untuk menunaikan kewajibannya, membuktikan keimanannya kepada Allah Swt., melakukan pembelaan terhadap negeri Isra` Mi’raj Nabi Muhammad Saw., menyelamatkan kiblat pertama umat Islam, mempertahankan Masjid Suci Al-Aqsha yang sangat dicintai Rasulullah Saw.

Maka izinkan saya untuk menunaikan kewajiban saya sebagai seorang Muslim. Menyambut seruan dari saudara-saudara kita para murabithun dan murabithath, para penjaga Masjid Al-Aqsha,. Juga menjawab seruan para ulama dunia untuk membela masjid yang diberkahi Allah itu.

Pada tanggal 14 Mei nanti, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, akan meresmikan kepindahan Kedutaan AS dari Tel Aviv ke kota Al-Quds (Yerussalem). Merealisasikan keputusannya yang sudah ditandatangani pada tanggal 6 Teks untuk Khutbah Jumat Seruan Aksi Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis 3 Desember 2017 lalu. Termasuk akan memberikan Kota Al-Quds (Yerussalem) kepada negara Yahudi, yang akan dijadikan sebagai Ibukota Israel.

Kaum Muslimin yang dirahmati Allah..!

Pemindahan Kedutaan AS ke Kota Al-Quds adalah salah satu tahapan penting bagi Zionis Israel untuk merebut Masjid Al-Aqsha. Bagi Zionis Israel, tidak ada artinya Israel tanpa Yerussalem. Dan tidak ada artinya Yerussalem tanpa Sinagog Sulaiman. Karena Sinagog Sulaiman digunakan untuk memobilisasi Yahudi dunia agar datang ke Palestina, memprovokasi Yahudi dunia untuk menghancurkan Masjid Al-Aqsha dan menggantinya dengan Sinagog Sulaiman.

Zionis Israel memilih tanggal 14 Mei bukan tanpa alasan. Pemilihan tanggal ini sengaja disesuaikan dengan tanggal deklarasi negara Yahudi Isarel, yaitu 14 Mei 1948. Zionis Israel mendeklarasikan negara Yahudi di atas tanah sah milik warga Palestina. Zionis Israel merampas tanah wakaf milik umat Islam yang diterima langsung oleh Khalifah Umar bin Khattab .r.a. Maka deklarasi negara Israel tanggal 14 Mei 1948 adalah legalisasi penindasan terhadap warga Palestina. Setiap tahun tanggal ini diperingati sebagai perayaan kemenangan bagi Yahudi. Sehingga sehari setelahnya, tanggal 15 Mei dikenal sebagai Hari Nakbah, Hari Kesengsaraan bagi bangsa Palestina.

Zionis Israel selalu menggunakan tanggal-tanggal yang disakralkan untuk membangkitkan emosional diantara mereka, demi mengobarkan api permusuhan kepada umat Nabi Muhammad Saw. Menumpahkan dendam kekalahan mereka dalam perang Khaibar. Rasulullah Saw. mengakhiri hegemoni Yahudi di Madinah dengan perang Khaibar. Kekalahan di Khaibar ini menjadi dendam kepada Rasulullah Saw. dan umatnya tidak akan pernah dilupakan. Dendam itu mereka tunjukkan secara terang-terangan. Mereka meracun Rasulullah Saw. dalam jamuan setelah perang Khaibar.

Allah takdirkan racun itu tidak bereaksi saat itu kepada Rasulullah Saw. Racun itu baru bereaksi setelah tiga tahun, menggerogoti dan melumpuhkan tubuh Rasulullah Saw. Beliau pun sakit yang mengantarkan syahidnya akibat racun Yahudi Khaibar. Rasulullah Saw mengeluhkan sakitnya kepada Sayyidah Aisyah r.a. Diriwayatkan oleh Imam Bukhari _rahimahullah:

(Dari Aisyah radliyallahu ‘anha berkata: Nabi Saw. bersabda ketika sedang sakit menjelang wafatnya, _“Wahai Aisyah! Aku masih merasakan sakitnya akibat Teks untuk Khutbah Jumat Seruan Aksi Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis 5 makanan yang aku makan di Khaibar. Inilah saatnya putusnya aliran darahku disebabkan karena racun itu.”_ (HR. Bukhari).

Dendam Yahudi kepada Rasulullah Saw semakin terlihat, ketika mereka berhasil menguasai Kota Al-Quds dan Masjid Al-Aqsa tahun 1967. Ketika pertama kali masuk Masjid Al-Aqsha, mereka pilih hari yang sama dengan kekalahan Yahudi di Khaibar. Ketika masuk Masjid Al-Aqsha, yel-yel yang diteriakkan oleh pasukan tentara Zionis Israel adalah, _“Muhammad telah mati, Muhammad telah mati, tidak meninggalkan generasi kecuali generasi anak perempuan (generasi yang lemah dan penakut).”_ Panglima militernya waktu itu juga berkelakar, _“Hari ini adalah pembalasan kekalahan kami di Khaibar.”_ Dan sekali lagi, Zionis Israel memilih hari untuk memasuki Masjid Al-Aqsha, sengajakan disamakan dengan hari kekalahan mereka di Khaibar.

Wahai umat Nabi Muhammad…!

Sesunggunnya tujuan utama pemindahan Kedutaan AS adalah untuk merebut Masjid Al-Aqsha dari Kaum Muslimin, untuk diganti dengan bangunan baru yang sudah disiapkan, bernama Sinagog Sulaiman, atau Haikal Sulaiman, atau Solomon Temple.

Ketika Kota Al-Quds diberikan kepada Israel untuk dijadikan sebagai IbukotaIsrael, maka sesungguhnya AS telah melanggar Undang-Undang internasional, melanggar keputusan PBB yang menyatakan bahwa Kota Al-Quds adalah Wilayah Hijau yang netral, di bawah pengawasan PBB.

Ketika Al-Quds benar-benar akan diserahkan kepada Israel oleh AS _(wal ‘iyâdzu billâh),_ maka Israel punya hak mutlak atas semua yang ada di dalam kota Al-Quds. Israel mempunyai wewenang penuh untuk mengatur tata letak kota, merubah semua peninggalan Islam menjadi nuansa Yahudi, menetapkan pengurus kelurahan, RW, hingga RT-nya. Dan yang paling berbahaya adalah menguasai penuh kiblat pertama umat Islam, tempat Isra` Mi’raj Nabi Muhammad Saw., yaitu Masjid Al-Aqsha Al-Mubaarak. Sesuai perencanaan mereka, akan dihancurkan dan diganti dengan Sinagog Sulaiman.

Kaum Muslimin yang dimuliakan Allah…!

Kenapa kita harus membela Al-Quds? Al-Quds adalah garis merah bagi umat Islam. Ambang batas kesabaran bagi umat Nabi Muhammad Saw. Sesuai namanya, Al-Quds adalah kota suci. Kedudukannya tidak ada bedanya dengan Makkah. Makkah menjadi mulia karena di dalamnya ada Masjidil Haram. Begitu juga dengan Al-Quds, menjadi disucikan dan diberkahi Allah karena di dalamnya Teks untuk Khutbah Jumat Seruan Aksi Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis 7 terdapat Masjid Al-Aqsha. Sebagaimana yang dikatakan oleh Khalifah Umar bin Khattab r.a., َ

“Bagi Allah, Kota Al-Quds tidak ada bedanya dengan Kota Makkah.” Sesunggunya Sinagog Sulaiman adalah kebohongan Zionis Israel, karena sejatinya Nabi Sulaiman tidak pernah membangunan tempat ibadah bernama Sinagog Sulaiman di Al-Quds (Yerussalem). Justeru sebaliknya, yang dibangun Nabi Sulaiman adalah Baitul Maqdis, adalah Masjid Al-Aqsha, bukan Sinagog, bukan Haikal, bukan juga Kuil Sulaiman. Karena Nabi Sulaiman adalah seorang Muslim, maka tempat ibadah yang dibangun adalah masjid. Sebagaimana yang dijelaskan Rasulullah Saw.: َ

Dari Abdullah bin Amr bin Al-‘Ash, Rasulullah Saw. bersabda: ((Setelah Sulaiman bin Dawud membangun Baitul Maqdis, meminta kepada Allah tiga hal dan diberikan dua, dan kami berharap agar beliau mendapatkan yang ke-tiga; beliau pun meminta ketepatan dalam memutuskan kebijakan, Allah pun mengabulkannya. Ia meminta kerajaan yang tidak diberikan kepada siapapun setelahnya, Allah pun mengabulkannya. Ia juga memohon kepada Allah agar siapapun yang keluar dari rumahnya tidak ada keinginan lain kecuali hanya untuk shalat di Masjid ini, maka kesalahannya keluar darinya seperti anak yang baru dilahirkan ibunya. Maka kami berharap agar Allah Swt. Mengabulkannya.”_ (HR. Ahmad, Nasai, dan Ibu Majah).

Jamaah Jumat rahimakumullah…!

Al-Quran juga secara jelas menegaskan, bahwa Nabi Sulaiman adalah seorang Muslim. Ketika mendakwahi Ratu Saba`, atau ada yang menyebutnya Ratu Bilqis. Tatkala Ratu Saba` ini menerima dakwahnya Nabi Sulaiman, kemudian dia bertaubat kepada Allah, dan kata-kata pertaubatannya diabadikan di dalam Al-Quran:

“Saba` berkata: Ya Allah! Saya zhalim terhadap diri saya sendiri, saya (nyatakan) masuk Islam bersama-sama dengan Sulaiman, demi Allah Tuhan Semesta Alam.”_ (QS. An-Naml: 44) Bahkan seluruh nabi-nabi yang diutus kepada Bani Israil adalah Muslim, ajaran dan keturunanya merujuk kepada Abul Anbiya`, Nabi Ibrahim a.s.. Orang Yahudi mengkalim bahwa Nabi Ibrahim adalah Yahudi, kemudian dibantah secara tegas oleh Al-Quran:

“Bukanlah Ibrahim seorang Yahudi, bukan pula Nasrani, akan tetapi ia adalah seorang yang agamanya lurus, Muslim, dan bukan termasuk yang menyekutukan Allah.” Wahai umat Nabi Muhammad...! Rasulullah Saw. menjadi saksi atas keagungan Masjid Al-Aqsha yang diberkahi ini. Beliau sangat sering menyebutkan dalam hadisnya. Sehingga sahabat penasaran atas keagungan negeri para nabi ini. Bahkan para sahabat mengira bahwa shalat di Masjid Al-Aqsha lebih besar pahalanya dibandingkan shalat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Seorang Sahabat bertanya kepada Rasulullah Saw.:

Dari Abu Dzar r.a. berkata, kami saling bertukar pikiran bersama Rasulullah Saw., manakah yang lebih utama Masjid Rasulullah atau Baitul Maqdis. Rasulullah Saw. bersabda: _“Sekali shalat di masjidku lebih utama empat kali daripada Baitul Maqdis, dan ia adalah sebaik-baik tempat shalat. Dan hampirhampir tiba masanya, seseorang memiliki tanah seukuran kekang kudanya, dari tempat itu ia melihat Baitul Maqdis lebih baik dari dunia keseluruhan, atau lebih baik dari dunia dan seisinya.”_ (HR. Al-Hakim. hadis Hasan).

Di dalam hadis ini Rasulullah Saw. menjelaskan bahwa Shalat di Masjid Nabawi pahalanya empat kali lipat shalat di Masjid Al-Aqsha. Tetapi lanjutan hadis menunjukkan, bahwa Masjid Al-Aqsha adalah sebaik-baik tempat shalat. Orang yang hanya melihat langsung Baitul Maqdis dari tanah yang dimiliknya, lebih baik daripada dunia dan seisinya. Hanya melihat. Hanya melihat. Bagaimana dengan shalat di dalamnya. Bagaimana dengan mereka yang ribath (menjaga) Masjid Al-Aqsha. Sungguh para _Murabithun_ dan _Murabithath_ adalah mereka  yang dipilih Allah mewakili seluruh umat Islam, menjaga kesucian kiblat pertama Islam.

Maka menguatkan mereka adalah kewajiban. Mendukung perjuangan mereka adalah fardlu ain, bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia. Sebaliknya, meninggalkan mereka sendirian adalah melalaikan kewajiban Allah. Meninggalkan arahan dan petuah Rasulullah Saw. Allah akan mempertanyakan kita semua, apa peran kita terhadap tempat suci yang digunakan shalat oleh seluruh nabi dan rasul ini.

Demikian agung kedudukan Baitul Maqdis bagi kita, umat Nabi Muhammad. Negeri ini juga sangat dicintai Rasulullah Saw. maka sewajarnya kita yang mengaku umat Nabi Muhammad Saw. mencintai semua yang dicintainya. Semoga kita termasuk diantara orang-orang yang dipilih Allah, sebagai para pembebas Baitul Maqdis. Menunaikan kewajiban kita kepada Allah. Membuktikan cinta kita kepada baginda Rasulullah Saw.

Terakhir, dari mimbar mulia ini, kami sampaikan amanah dari para Ulama Dunia umumnya, yaitu seruan Internasional agar bagi yang mampu dengan sebisa mungkin untuk berbondong-bondong menghadiri Aksi Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis pada 11 mei pekan depan di Monas Jakarta. Semoga Allah mencatat bangsa ini sebagai pemegang estafet pembebasan Baitul Maqdis dalam waktu dekat in sya Allah.

Oleh: Ahmad Musyafa', Lc.

Direktur International Aqsa Institute (IAI)

Anggota Komite Pembentukan Ikatan Ulama Indonesia Pembela Al-Quds (IUIPA)

 


latestnews

View Full Version