View Full Version
Jum'at, 17 Aug 2018

Kontribusi Hakiki Untuk Kemerdekaan Sejati

Oleh: Anisa Fitri Mustika Bela

(Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta)

Orang-orang berbicara sudah tujuh puluh tiga tahun kita merdeka dengan dibacakannya teks proklamasi yang pertama oleh Bung Karno dengan atas nama bangsa Indonesia. Euforia kata merdeka hanya terasa di awal saja menurut sebagian masyarakat Indonesia yang diduga tidak mengenal kata sejahtera.

Berkaca pada realita dimana kemiskinan masih merajalela di bumi Indonesia yang kaya tanpa rakyat bisa menikmatinya, mereka orang-orang yang berkuasa tanpa malu korupsi triliunan uang negara dan rakyat terus diperas dengan pajak sedang penguasanya malah sibuk berebut takhta. Pantas saja bila seorang anak bertanya pada bapaknya “Apa benar kita sudah merdeka atau hanya khayalan semata?”

Secara konstitusi, negeri pertiwi berdiri sendiri sejak dibacakannya teks proklamasi. Sayangnya itu bukanlah wujud asli kemerdekaan sejati karena masih berlandaskan demokrasi sistem pemerintahan Yunani yang dikembangkan negeri-negeri penjajah dengan kekerasan dan ekspansi ke berbagai negeri salah satunya bumi pertiwi.

Demokrasi menawarkan mimpi-mipi, dari kesetaraan sampai membiarkan lgbt, dari kebebasan berkehendak sampai kebablasan berkehendak yang rusak dan dari persamaan di depan hukum sampai ke atas tumpul hukum.

Katanya, demokrasi menjamin kebebasan berpendapat, tapi faktanya yang bersebrangan dengan penguasa langsung disikat. Bergelar professor ataupun rakyat biasa dihadapan penguasa semua sama saja, tidak ada kebebasan berbicara jikalau menunjukkan kebenaran dengan kritik terhadap yang berkuasa.

Merdeka berarti bebas dari segala bentuk penghambaan kepada selain sang pencipta Allah Ta’ala. Belumlah dikatakan merdeka jikalau masih menjadikan manusia sebagai berhala-berhala pengganti Tuhan yang Maha Esa. Begitupun Indonesia yang mengaku merdeka secara konstitusi namun belum merdeka sejati.

Pasalnya dalam demokrasi ada asas vox populi vox dei sebuah ungkapan dalam bahasa latin yang berarti suara rakyat adalah suara Tuhan dengan menganggap suara rakyat harus dihargai sebagai penyampai kehendak Illahi. Kesalahan fatal menjadikan demokrasi sebagai sistem pemerintahan di negeri ini. Seolah manusia yang mengaku modern kembali menjadi jahiliyyah modern.

Patutlah si bapak menjawab jikalau Indonesia belum merdeka atau merdeka hanyalah khayalan semata. Pesta pora merayakan hari jadi merdeka digelar disepanjang nusantara dari Sumatera hingga Papua, tapi penjajah masih ada.

Para penjajah itu hanya berganti kostum merubahnya menjadi gaya modern yang disebut neoimperialisme dan neokapitalime dengan mengeruk kekayaan kita, lihatlah PT Freepot di Papua yang dikuasai Amerika lalu buruh pun saat ini digantikan oleh orang-orang dari China sedang rakyat Indonesia menganggur dan menderita.

Perayaan yang digelar sejatinya untuk siapa? Untuk rakyatkah atau kapitalis penjajah. Begitulah sekiranya si Bapak memaparkan membuat anaknya kembali mempertanyakan “Kalau begitu bagaimana supaya kita mencapai merdeka?”

Tentunya merdeka sejati tidaklah dicapai dengan sistem demokrasi yang mengagungkan vox populi vox dei. Tidakpula dengan komunisme sosialisme yang jelas-jelas mengekang manusia untuk beragama, menjadikan pemikir-pemikirnya sebagai berhala baru pengganti Tuhan yang Maha Esa, sebagiannya menganggap pikirannya sendirilah Tuhannya.

Sudah benar-benar berada di jaman berhala bak Fir’aun yang berkata “sayalah Tuhan kalian semua.” Ketika itu Fir’aun tentu sangat mengagungkan akalnya dan kekuasaannya sama halnya dengan para penganut komunis sosialis yang pernah jatuh namun berusaha dibangun kembali oleh Korsel dan China.

Satu-satunya pondasi, landasan, dan ideologi yang berhak menjadi pilihan untuk meraih merdeka sejati hanyalah Islam. Menjadikan asas tauhid sebagai pondasinya dengan mengesakan Allah Ta’ala, menghindarkan diri dari penghambaan kepada berhala.

Berhukum sesuai ketentuan Allah Yang Mulia sebagaimana tertuang dalam firmanNya. Kedaulatan ada ditangan Allah Ta;ala dan bukan manusia ataupun berhala, membuat manusia mencapai derajat modern yang sejati bukan sekedar illusi seperti dalam demokrasi. Untuk itu perlu kontribusi yang hakiki.

Belum disebut kontribusi hakiki jika masih terjun dalam sistem kufur demokrasi. itulah yang terjadi pada masyarakat hari ini yang masih berkecimpung di dalam politik praktis sekedar mencari cara berkuasa dengan mendulang suara dan memberikan suara untuk pergantian penguasa dengan masih di sistem yang sama. Adanya trias politika membuat tiga lembaga saling melempar bola.

Eksekutif, legislatif dan yudikatif ketiganya saling melempar bola sebuah kasus yang tidak populis dari penyelenggara negara. Legislatif melemparkan kasus tersebut kepada eksekutif lalu eksekutif mengalihkannya pada yudikatif dan yudikatif membuangnya pada legislatif begitulah seterusnya hingga kasus tersebut tidak pernah tertangani meskipun mereka telah duduk dikusi serta menikmati kemewahan atas hasil jerih payah rakyatnya sendiri.

Kontribusi baru bisa disebut kontribusi hakiki jika tidak terjun ke dalam demokrasi. lalu berjuang dengan dakwah sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah di Mekkah dan Madinah. Menyuarakan kebenaran sejati yakni Islam kepada seluruh masyarakat yang belum tersadarkan, mengkritik penguasa yang dzolim dan semena-mena supaya meninggalkan sistem kufur demokrasi dan berganti menjadi sistem pemerintahan Islami.

Langkah ini tidaklah mudah, butuh waktu panjang dan mungkin akan terasa lelah dalam perjalanan. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan, diingat dan diukir di hati adalah ungkapan Illahi sebagaimana sabda Rasulullah saw  

“Periode kenabian akan berlangsung pada kalian dalam beberapa tahun, kemudian Allah mengangkatnya. Setelah itu datang periode khilafah aala manhaj nubuwwah (kekhilafahan sesuai manhaj kenabian), selama beberapa masa hingga Alah Ta’ala mengangkatnya. Kemudian datang periode mulkan aadhdhan (penguasa-penguasa yang menggigit) selama beberapa masa. Selanjutnya datang periode mulkan jabbriyyan (penguasa-penguasa yang memaksakan kehendak) dalam beberapa masa hingga waktu yang ditentukan Allah Ta’ala. Setelah itu kan terulang kembali periode Khilafah aala manhaj nubuwwah. Kemudian Nabi Muhammad saw diam.” (HR Ahmad; Shahih)

Waktu Islam akan kembali bangkit dan diterapkan secara keseluruhan sudah Allah jamin dengan keluarnya sabda Rasulullah, tinggal kita pastikan bahwa diri telah berkontribusi hakiki untuk negeri ini dengan mengikuti kehendak Illahi yakni dengan mendakwahkan sistem pemerintahan yang Islami (khilafah aala manhaj nubuwwah) serta berkontribusi tanpa terjun ke demokrasi. [syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version