View Full Version
Selasa, 09 Feb 2016

Ustadz Fuadz Al Hazimi: Ukhuwah Bukan Hanya Sekadar Kata-Kata

KENDAL (voa-islam.com) - Forum Ukhuwah kembali digelar, kali ini silaturahim Lintas Tandhim diadakan di kota Weleri, tepatnya di Rumah Kayu Jati Pak Zam, Sabtu (06/02) yang lalu, berbarengan dengan acara kajian rutin bulanan Jamaah Ansharus Syariah (JAS). Sedangkan bertindak sebagai pemateri adalah Ustadz Fuad Al Hazimi dan Ustadz Said Sungkar.

Dalam kesempatan tersebut, Ustadz Fuad Al Hazimy berkesempatan sebagai pembicara yang pertama. Beliau sampaikan hadist-hadist ukhuwah tentang hak bersuadara sesama muslim untuk saling menolong dan melindungi. Selain itu beliau banyak membawakan kisah dari para sahabat Rasululloh SAW yang selalu berpegang teguh untuk berukhuwah dan membela hak sesama muslim.

Setelah membacakan 3 ayat dari surat Al Hasr. Ayat ke 8 hingga ke 10. yang menerangkan sifat Itsar (mendahulukan orang lain) yang dimiliki oleh para sahabat. Beliau mengatakan:

“Tiga ayat ini mengambarkan bagaimana sifat generasi terbaik umat ini, yang apabila sifat ini ada pada diri kita, insya Allah ukhuwah bukan sekedar kata-kata, ukhuwah bukan hanya sekedar simbol dan ukhuwah bukan slogan, ukhuwah bukan sekedar life service,” jelas beliau dengan tegasnya.

Hal ini selaras dengan kondisi yang sekarang ini banyak terjadi di beberapa kota, di mana ukhuwah Islam terpecah hanya karena sebuah perbedaan dalam memandang sesuatu.

Tentu saja hal itu sangatlah disayangkan, bila jalinan ukhuwah islamiah harus terkorbankan oleh egoisme kelompok yang nantinya akan merugikan orang banyak. [protonema/voa-islam.com]

Editor: Syahid


latestnews

View Full Version