View Full Version
Jum'at, 08 Feb 2013

Al-Shabaab Sergap Kontingen Pasukan Ethiopia di Bakool

BAIDOA, SOMALIA (voa-islam.com) - Sebuah kontingen pasukan Ethiopia disergap oleh pejuang Islam Al-Shabaab ketika mereka pulang dari El Barde di daerah Bakool di selatan Somalia tengah, Kamis (7/2/2013), Garowe online melaporkan.

Menurut media lokal di Bakool, pasukan Ethiopia tengah bergerak pulang dari survei di kota El Barde - yang terletak di wilayah Bay dan Bakool - ketika mereka diserang di dekat YED, sebuah desa yang terletak di tengah-tengah El Barde dan Hudur, di mana pasukan Ethiopia ditempatkan.

Menurut sumber-sumber lokal, ada beberapa korban di kedua belah pihak dan pertempuran masih berlangsung di wilayah Bakool.

Wilayah Bay dan Bakool di selatan Somalia tengah adalah salah satu daerah pertama Al-Shabaab yang menderita kekalahan. Baidoa ibukota wilayah Bay direbut dari pejuang Al-Shabaab pada bulan Februari tahun lalu.

Sebelumnya pada hari Rabu, sebuah bom rakitan (IED) menghantam sebuah kendaraan yang membawa pasukan Ethiopia ketika mereka melewati sebuah persimpangan di Baidoa. HSMPrees1, akun Twitter resmi Al-Shabaab melaporkan sediikitnya 28 tentara Ethiopia tewas dalam peristiwa tersebut.

Meskipun Baidoa menjadi kota yang agak tenang sejak perebutan yang dilakukan oleh Ethiopia dan milisi pro pemerintah Somalia tahun lalu, bagian wilayah pedesaan Bay sangat berbeda. Sebagian besar daerah pedesaan di wilayah Bay dan Bakool didominasi oleh pejuang Al-Shabaab.

Menurut Hiiraan online, kota Hudur dimana beberapa tentara Ethiopia yang ditempatkan, dikelilingi oleh pejuang Al-Shabaab dan sangat terisolasi.

Kota-kota besar dan kota-kota di selatan Somalia tengah dan Somalia selatan telah menyingkirkan pejuang Al-Shabaab. Namun sebagian besar dari Somalia, yang merupakan daerah penggembalaan masih dikuasai oleh para pejuang Al-Shabaab. (an/go)


latestnews

View Full Version