View Full Version
Senin, 22 Jul 2013

Pejuang Oposisi Suriah Rebut Benteng Terakhir Tentara Pemerintah di Aleppo

ALEPPO, SURIAH (voa-islam.com) - Pejuang oposisi Suriah merebut kota utara Khan al-Assal, salah satu kota terakhir di bagian barat provinsi Aleppo yang dikuasai oleh pasukan Presiden Bashar Al-Assad pada hari Senin (22/7/2013), para aktivis mengatakan.

Militer Suriah memperkuat diri di seluruh provinsi dalam rangka untuk merebut kembali kota Aleppo yang telah dikuasai oleh pejuang oposisi sejak tahun lalu.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, sebuah kelompok pemantau anti-Assad, mengatakan para perwira militer menyerahkan kota pada Senin pagi setelah pejuang mengepung distrik selatan.

Video rekaman yang diposting di Internet oleh kelompok pejuang oposisi menunjukkan tank-tank tentara menarik diri dari kota. Video lain menunjukkan seorang komandan militer Suriah yang tewas yang pejuang oposisi katakan memimpin perlawanan pasukan pemerintah di kota yang telah dikepung selama berpekan-pekan tersebut.

Aleppo merupakan bagian dari sabit daerah di Suriah utara yang telah menjadi benteng bagi pejuang oposisi yang berjuang untuk mengakhiri empat dekade pemerintahan oleh keluarga Assad.

Pejuang oposisi telah memblokade daerah yang dikuasai pemerintah di kota Aleppo, pusat kota terbesar Suriah dan salah satu kota komersial.

Sementara itu pasukan Assad telah merespon kemenangan pejuang oposisi di Khan al-Assal dengan serangan udara hebat di daerah tersebut.

Observatory mengatakan lebih dari 100.000 orang telah tewas dalam pemberontakan Suriah, yang tumbuh dari protes jalanan damai di kota selatan Deraa pada Maret 2011 dan kemudian berubah menjadi perang sipil akibat kebrutalan rezim Assad dalam menangani para demonstran. (an/Reuters)

Share this post..

latestnews

View Full Version