View Full Version
Jum'at, 18 Apr 2014

Mujahidin Serang Barak Militer Terbesar di Aleppo, Tewaskan 27 Tentara Pro Assad

BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Sedikitnya 27 tentara pemerintah dan milisi pro rezim Assad tewas pada hari Kamis (17/4/2014) ketika mujahidin Suriah menyerang salah satu barak militer terbesar di negara itu, di Aleppo utara, menurut kelompok pemantau Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Kelompok yang berbasis di Inggris itu mengatakan 20 orang mujahidin, termasuk seorang komandan gugur dalam peristiwa tersebut.

"Pejuang oposisi, termasuk mujahidin dari Jabhat Al-Nusrah dan Front Islam, melancarkan serangan hari ini di barak-barak di Hanano di Aleppo," kata direktur Observatorium Rami Abdel -Rahman.

Abdel-Rahman mengatakan barak-barak itu adalah salah satu yang terbesar di Suriah.

"Ini secara strategis penting karena barak itu terletak di sebuah bukit yang menghadap bagian utara Aleppo," tambah Abdel-Rahman.

Bekas pusat ekonomi dan kota terbesar Suriah, Aleppo sejak lama telah dibagi antara kontrol rezim di barat dan kontrol pejuang oposisi di timur setelah pertempuran dimulai di sana pada pertengahan 2012.

Abdel-Rahman mengatakan, serangan itu dimulai ketika "mujahidin meledakkan bom di terowongan yang mereka gali di bawah posisi tentara di sekitar barak."

Televisi pemerintah juga melaporkan para "pemberontak" telah "meledakkan bom di tiga terowongan di sekitar barak."

Aktivis anti-rezim memposting video yang dimaksudkan untuk menunjukkan ledakan pertama, serta kelompok mujahidin saat mereka bergerak lebih dekat ke barak tersebut.

Abdel- Rahman mengatakan barak-barak tersebut menghadap ke sebuah rute pasokan utama bagi pejuang oposisi menuju utara ke seluruh provinsi Aleppo. (by/tds)


latestnews

View Full Version