View Full Version
Ahad, 20 Apr 2014

Al-Qaidah di Maghrib Islam Tewaskan 14 Tentara Aljazair di Tizi Ouzou

ALGIERS, ALJAZAIR (voa-islam.com) - Mujahidin telah menewaskan sedikitnya empat belas tentara Aljazair dalam penyergapan terhadap partoli pasukan keamanan di pegunungan sebelah timur ibukota Algiers, seorang sumber keamanan mengatakan pada hari Ahad (20/4/2014).

Sebelas tentara lainnya terluka dalam salah satu serangan paling mematikan terhadap militer tahun ini.

Para tentara tersebut sedang mencari mujahidin di wilayah Tizi Ouzou, 120 km timur Algiers, ketika mereka diserang oleh para pejuang dari cabang Al-Qaidah Afrika utara, Al Qaidah di Maghreb Islam (AQIM), kata sumber itu kepada Reuters.

Serangan hari Ahad terjadi hanya beberapa hari setelah Presiden Abdelaziz Bouteflika memenangkan masa jabatan keempat dalam pemilu yang dirusak oleh rendahnya peserta pemilih dan tuduhan kecurangan, dengan saingan utamanya menolak hasilnya.

Sejak akhir perang tahun 1990-an dengan kelompok Islamis bersenjata, jarang terjadi serangan di Aljazair. Namun para pejabat Aljazair prihatin tentang tumpahan dari gejolak di negara tetangga Libya di mana para pejuang yang terkait dengan Al-Qaidah telah mengungsi di padang pasir selatan terpencil.

AQIM sebagian besar berbasis di Aljazair selatan, tapi selama beberapa bulan terakhir tentara telah menewaskan beberapa pejuang di pegunungan timur laut, dan sumber-sumber keamanan mengatakan beberapa telah ditemukan dengan senjata yang ditelusuri berasal dari Libya.

Pada bulan Januari tahun lalu, mujahidin menyerbu pabrik gas Amenas Aljazair, dekat perbatasan Libya, menewaskan 40 pekerja kontraktor minyak, sebagian besar dari mereka orang asing, dalam serangan yang membuat British Petroleum Inggris dan Statoil dari Norwegia untuk menarik keluar para pekerja mereka. (by/Reuters, aje)


latestnews

View Full Version