View Full Version
Senin, 29 Sep 2014

Serangan Afiliasi Al-Qaidah Yaman Tewaskan 20 Pemberontak Syi'ah Houthi

SANA'A, YAMAN (voa-islam.com) - Seorang pembom jibaku afiliasi Al-Qaidah Yaman meledakkan mobil yang dipenuhi dengan bahan peledak ke sebuah rumah sakit yang digunakan sebagai markas oleh pemberontak Syi'ah Houthi hari Ahad (28/9/2014), menewaskan sedikitnya 15 orang, kata berbagai sumber.

Serangan mereka terjadi di kota Majzar di provinsi Maarib, sebelah timur ibu kota Sana'a, kata sumber-sumber militan, suku dan lokal.

"Puluhan tewas dan terluka dari pemberontak Syi'ah Houthi dalam operasi istisyhad oleh Ansar al-Syariah menggunakan bom mobil di Maarib," kata kelompok mujahidin, yang merupakan cabang lokal Al-Qaidah di Semenanjung Arab, dalam sebuah pernyataan di akun Twitter-nya.

Kelompok itu mengatakan target itu adalah rumah sakit al-Jafra, yang telah dirubah oleh Syi'ah Houthi menjadi markas untuk operasi mereka di daerah itu. Suku setempat mengatakan sedikitnya 15 orang tewas dalam serangan itu dan lebih dari 50 luka-luka.

Dalam serangan kedua, pejabat setempat mengatakan mujahidin Al-Qaidah menyerang sebuah mobil yang digunakan oleh pemberontak Syi'ah Houthi, menewaskan lima dari mereka. Sebuah pernyataan Al-Qaidah menyebutkan korban tewas dari Syi'ah Houthi dalam serangan di enam orang.

Ansar al-Sharia sebelumnya telah melakukan sejumlah serangan terhadap instalasi militer pemerintah Yaman sekutu AS. Tapi kelompok pejuang berfaham Sunni ini telah mengalihkan perhatian kepada Syi'ah Houthi setelah mereka ditangkap Sanaa.

Pekan lalu, mereka mengatakan mereka melakukan serangan serupa di kubu Syi'ah Houthi di utara provinsi Saada, di mana puluhan orang tewas atau terluka.

Syi'ah Houthi merebut Sana'a pada 21 September lalu setelah pertempuran selama empat hari melawan sebuah brigade tentara yang berafiliasi dengan partai Islam moderat Islah. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version