View Full Version
Selasa, 21 Oct 2014

Mujahidin IS Bergerak Maju ke Kota Qara Tappa

BAGHDAD, IRAK (voa-islam.com) - Mujahidin Islamic State (IS) bergerak maju di kota Irak, Qara Tappa, hari Senin (20/10/2014) setelah menyamar sebagai pejuang Kurdi Peshmerga, kata beberapa sumber keamanan Kurdi.

Mereka merebut dua desa Kurdi setelah mengejutkan para pejuang Kurdi sebelum meluncurkan serangan terhadap Qara Tappa, 120 km utara Baghdad, berusaha untuk memperluas wilayah dan tumpukan tekanan mereka terhadap pasukan Kurdi di wilayah yang disengketakan.

"Para teroris (baca;mujahidin) menggunakan seragam Peshmerga dan taktik ini membantu mereka untuk dengan mudah menyusup pertahanan kita dekat Qara Tappa," kata seorang perwira Peshmerga pada kondisi anonimitas.

Bala bantuan dikirim dari kota Khanaqin yang dikendalikan Kurdi untuk mengusir para mujahidin dan mencegah kota Qara Tappa jatuh, kata sumber-sumber.

Qara Tappa merupakan sebuah daerah campuran dari Sunni Arab, Kurdi dan Turkmen yang berada di bawah kontrol Kurdi ketika Kurdi Irak mengambil keuntungan dari jatuhnya banyak wilayah Sunni  diIrak utara ke tangan mujahidin IS pada bulan Juni untuk memperluas batas-batas mereka sendiri.

Namun, pada awal Agustus, Islamic State melancarkan serangan terhadap Kurdi dan maju beberapa mil di ibukota wilayah Kurdistan Arbil sebelum serangan udara AS memaksa mereka kembali.

Para petugas keamanan Kurdi dan warga mengatakan mujahidin mendekati Qara Tappa dari kota-kota terdekat Saadiya dan Jalawla, yang mereka telah rebut dari Kurdi.

Petugas Peshmerga dan pejabat medis mengatakan setidaknya 15 orang tewas, termasuk tujuh milisi Peshmerga dan delapan warga. (st/ahram)


latestnews

View Full Version