View Full Version
Ahad, 26 Oct 2014

Al-Qaidah Yaman Pukul Mundur Pemberontak Syi'ah Houthi dari Kota Radda

BAYDA, YAMAN (voa-islam.com) - Mujahidin Al-Qaidah di Semenanjung Arab (AQAB) menewaskan puluhan pemberontak Syi'ah Yaman pada Sabtu (25/10/2014), di Radda, pusat kota Yaman, ketika mereka memukul mundur pemberontak Syi'ah Houthi di kubu mereka.

Demikian laporan kantor berita Reuters pada hari ini, Minggu 26/10/2014) mengenai bentrokan antara Mujahidin AQAF dan pemberontah Syi'ah Houthi di Radda, Yaman.

Pasukan pemberontak Syi'ah Houthi yang telah bergerak maju berusaha mencaplok wilayah Yaman Tengah dan Barat setelah mereka menguasai Ibukota Negara Sana'a pada 21 September. Pergerakan mereka mendapat perlawanan sengit dari Mujahidin Al-Qaidah Yaman dan kelompok Sunni sehingga menyebabkan pertempuran berkobar di beberapa provinsi.

Di Radda, di Provinsi Al-Bayda Pusat, bentrokan intensif pada Selasa telah menewaskan 30 orang pengikut Syi'ah Houthi. 18 Mujahidin Sunni juga gugur dalam bentrokan berdarah tersebut.

Pada Sabtu, Mujahidin Al-Qaidah mengepung pemberontak Syi'ah Houthi di sebuah gunung di Radda saat fajar dan menewaskan puluhan dari mereka dan menawan 12 lainnya, sehingga memaksa pemberontak Syi'ah Houthi untuk melarikan diri ke Provinsi Damar, meskipun bentrokan berlanjut di bagian lain kota itu.

Mujahidin AQAP menyita sedikitnya enam kendaraan lapis baja dan beberapa senjata dari pemberontak Syi'ah saat mereka melarikan diri.

Radda, dengan populasi 60.000 dan berpaham sunni, telah lama menjadi kubu Al-Qaidah, yang telah menarik banyak pejuang dari suku-suku lokal yang menentang kehadiran pemberontak Syi'ah Houthi. di wilayah terutama yang dihuni Sunni. (st/may/Reuters)


latestnews

View Full Version