View Full Version
Selasa, 18 Nov 2014

2 Bersaudara Palestina Serang Sinagog di Yerusalem, Tewaskan 4 Yahudi Lukai 6 Lainnya

YERUSALEM, PALESTINA (voa-islam.com) - Dua bersaudara warga Palestina bersenjatakan dengan pistol dan kapak menyerbu sebuah sinagog di Yerusalem pada hari Selasa (18/11/2014) dan menewaskan empat warga Zionis Yahudi sebelum ditembak mati, dalam sebuah serangan paling mematikan di kota itu dalam beberapa tahun.

Serangan itu terjadi saat kerusuhan berbulan-bulan mencengkeram kota sektor timur Arab yang dijajah Zionis yang telah menghasilkan serangkaian serangan mematikan oleh warga Palestina.

Meski demikian tidak ada yang seserius serangan hari Selasa di sinagog di lingkungan ultra-Ortodoks di pinggiran barat kota ketika jemaat Yahudi berkumpul untuk doa pagi.

Enam orang lainnya luka-luka, di antaranya dua polisi, sebelum dua penyerang ditembak mati, juru bicara kepolisian Luba Samri mengatakan, mengidentifikasi mereka sebagai orang Palestina dari Jerusalem Timur.

Serangan di Yerusalem mulai sesaat sebelum pukul 07:00 pagi ketika jemaat Yahudi menghadiri doa pagi di sebuah sinagog di lingkungan ultra Ortodoks Har Nof.

"Ada empat orang tewas dan enam luka-luka, di antaranya dua polisi," kata juru bicara polisi itu.

"Dua teroris (baca;mujahid), rupanya dari Yerusalem Timur, memasuki yeshiva [seminari Yahudi] di Har Nof dan menyerang jamaah dengan kapak dan pistol," kata Samri.

"Dua polisi, yang tiba dengan cepat di lokasi kejadian, terlibat dalam baku tembak dengan teroris yang ditembak mati."

Samri mengatakan para penyerang adalah saudara sepupuan dari lingkungan Jabal Mukaber Yerusalem Timur.

Seorang saksi, yang diidentifikasi hanya sebagai Zohar, mengatakan ada kepanikan di tempat kejadian dan banyak darah.

"Saya mendengar penembakan dan salah satu jamaah keluar berlumuran darah dan berteriak" Ada pembantaian, '"katanya kepada radio, mengatakan ada suara menembak di mana-mana.

Hamas, yang mendominasi Gaza, menyambut baik serangan mematikan, mengatakan itu merupakan tanggapan atas kematian sopir bus Palestina dari Yerusalem Timur awal pekan ini yang ditemukan tergantung di dalam kendaraannya.

Polisi Zionis telah mengklaim tidak ada bukti kecurangan dalam kematian pengemudi bus Palestina tersebut, menyalahkan itu sebagai aksi bunuh diri, dengan klaim temuan mereka yang didukung oleh sebuah otopsi.

Tetapi rekan-rekan dan keluarga mengatakan ada tanda-tanda kekerasan di tubuhnya, mengatakan dia dibunuh.

Dan ahli patologi Palestina yang hadir dalam otopsi juga mengesampingkan aksi bunuh diri, menunjukkan ia mungkin telah dibius kemudian dicekik, kata pengacara keluarga.

Ribuan orang menghadiri pemakamannya hari Senin, beberapa dari mereka menyerukan balas dendam.

Pemukiman Arab Jerusalem Timur telah mudah terbakar sejak awal Juli ketika ekstremis Yahudi membunuh seorang remaja Palestina 16 tahun sebagai balas dendam atas pembunuhan tiga remaja Yahudi, memicu gelombang bentrokan dan kerusuhan yang telah menunjukkan tidak ada tanda-tanda dibiarkan.

Perdana Menteri Israel Benjamin mengatakan, serangan itu adalah hasil dari "hasutan" Presiden Palestina Mahmoud Abbas serta Hamas.

"Ini adalah akibat langsung dari hasutan oleh Hamas dan Abu Mazen [Abbas], hasutan yang masyarakat internasional abaikan secara tidak bertanggung jawab," klaim sang perdana menteri dalam sebuah pernyataan.

Netanyahu telah berulang kali menuduh Abbas mendorong serangan mematikan setelah pemimpin Palestina itu menyerukan orang-orang untuk mengambil tindakan menyusul ketegangan di Yerusalem flashpoint kompleks Masjid Al-Aqsa, tempat suci untuk Muslim dan Yahudi.

Di Gaza, Hamas dan saingannya yang lebih kecil Jihad Islam mengatakan Zionis Israel yang telah memicu serangan itu sebagai akibat dari pembunuhan sopir bus dan ketegangan di kompleks masjid.

"Operasi di Yerusalem merupakan respon terhadap pembunuhan syuhada Yusuf Ramuni dan serangkaian kejahatan oleh penjajah (Yahudi) di Al-Aqsa dan Hamas menyerukan untuk melanjutkan operasi ini," kata juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri dalam sebuah pernyataan.

"Hamas menyerukan untuk lebih banyak operasi seperti itu."

Jihad Islam menggemakan komentar mereka dalam sebuah pernyataan terpisah.

"Jihad Islam memberi salut atas operasi di Yerusalem yang merupakan respons alami terhadap kejahatan penjajah," katanya. (st/AFP)


latestnews

View Full Version