View Full Version
Senin, 24 Nov 2014

Jabhat Al-Nusrah dan Batalyon Islam Kuasai Bagian Selatan Desa Syi'ah Az-Zahra di Utara Aleppo

BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Anggota Jabhat Al-Nusrah dan batalyon islam lainnya merebut daerah selatan dari sebuah desa Syiah di Suriah utara pada hari Ahad (23/11/2014) setelah bentrokan mematikan dengan pejuang Syi'ah pro-pemerintah, kelompok monitoring perang mengatakan.

Para mujahidin tersebut bergerak maju semalam di Az-Zahra, utara kota Aleppo, merebut wilayah selatan dan juga berusaha untuk mengambil wilayah ke timur dalam upaya untuk merebut desa tersebut, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) yang berbasis di Inggris mengatakan.

Al-Zahra dan desa terdekat Nubl telah berada di bawah pengepungan panjang oleh pasukan anti-pemerintah.

Desa-desa itu terletak di sepanjang jalan raya yang mengarah ke Turki dan merupakan rute pasokan ke Aleppo.

Seorang juru bicara oposisi mengatakan pada Januari bahwa daerah tersebut telah dikepung karena telah digunakan sebagai batu loncatan oleh militer Suriah untuk menyerang Aleppo. Pihak oposisi mengatakan pada saat itu bisa mencabut pengepungan jika militer Suriah mengganti di tempat lain, tapi ini tidak terjadi.

Sejumlah petempur dari milisi pro-pemerintah Pasukan Pertahanan Nasional tewas dalam benterokan tersebut, kata Observatorium, sementara dari pihak mujahidin 8 gugur dalam peristiwa tersebut.

Aleppo dan sekitarnya sudah terkena pertempuran sengit dalam konflik yang sekarang memasuki tahun keempat dan telah menewaskan sekitar 200.000 orang menurut PBB. (st/tds)


latestnews

View Full Version