View Full Version
Rabu, 17 Dec 2014

Komandan Militer Terkemuka IS, Abu Yaman al-Shami Gugur dalam Serangan Udara di Kobani

SURUC, TURKI (voa-islam.com) - Para aktivis pro-Islamic State (IS) hari Senin (15/12/2014) melaporkan gugurnya Abu Yaman al-Shami, seorang komandan militer terkemuka di jajaran mujahidin IS.

Al-Shami dikenal untuk keterampilan kepemimpinannya, dan telah memimpin operasi mujahidin IS dalam berbagai pertempuran melawan pasukan Kurdi di kota perbatasan Suriah Kobani.

Aktivis media pro-IS melaporkan kematian al-Shami ketika serangan udara pimpinan AS menghantam sebuah unit militer dari kelompok IS di pedesaan Kobani hari Senin.

"Abu Yaman al-Shami juga penembak jitu sangat terampil sebelum menjadi anggota terkemuka dari kelompok IS," kata seorang aktivis media yang Suriah kepada ARA News, pada kondisi anonimitas. "Dia membuat banyak pernyataan di Twitter berbicara tentang kegiatan sehari-hari dari kelompok itu di Kobani."

Mustafa Abdi, direktur media radio ARTA FM di kota Koban, menyatakan kepada ARA News bahwa salah satu dari akun media sosial yang diretas mengungkapkan identitas Abu Yaman al-Shami, dan kengarahkan ke tempatnya di "Jalan 48" subdistrik selatan kota itu, dimana dia biasa mempublikasikan foto-foto dan video.

"Secara pribadi, saya menganggap al-Shami lebih penting daripada al-Baghdadi atau al-Adnani (pemimpin IS dan juru bicara nya) untuk pengaruhnya yang khusus bagi para pendukung kelompok radikal tersebut. Dia mengangkat semangat mereka, dan bertugas sebagai simbol pertempuran "Ain al-Islam" (dalam referensi untuk Ain al-Arab / Kobani) sebagaimana mereka menyebutnya, "kata Abdi.

Al-Shami muncul dalam rekaman video yang dipublikasikan Oktober lalu saat bertemu seorang wanita Kurdi tua yang tinggal sendirian di sebuah desa di pedesaan Kobane, mengatakan ia bersama rekan mujahidin lainnya berusaha membantu wanita "yang ditinggalkan sendirian oleh anak-anaknya mengejutkan kami". (an/ara)

Foto: Komandan militer Islamic state, Abu Yaman Al-Shami (tengah).

BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Serangan udara rezim Suriah pada hari Selasa (16/12/2014) menargetkan dua rumah sakit dan kantong pejuang oposisi yang terkepung di dekat kota Homs, menewaskan sedikitnya 50 orang, kata para aktivis anti-rezim.

Serangan itu terjadi sehari setelah mujahidin Jabhat Al-Nusrah dan Ahrar al-Sham merebut dua buah pangkalan militer besar di laut provinsi Idlib, menyebabkan hampir 200 orang yang mati.

Delapan serangan udara menghantam beberapa daerah provinsi Idlib termasuk kompleks Wadi Al-Deif yang direbut oleh mujahidin, menurut kelompok pemantau anti-rezim, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, yang berbasis di Inggris. Kelompok itu mengatakan bahwa serangan udara di dan sekitar kota Maaret al-Numan, yang terletak di sebelah markas, menewaskan 10 orang.

Serangan udara juga menghantam Rumah Sakit Orient di kota Kafranbel di Idlib, menewaskan sedikitnya 12 orang, kata para aktivis lokal. Identitas beberapa korban yang diketahui, karena mayat-mayat itu terbakar tak bisa dikenali.

Di bagian timur provinsi Deir al-Zor, serangan udara menargetkan rumah sakit di kota Mayadin, yang berada di bawah kendali mujahidin ISIS.

Observatorium itu mengatakan bahwa lima ISIS "komandan," di antara mereka Kuwait dan Tunisia, tewas, bersama dengan dokter, istri dan anaknya, seorang perawat dan dua warga sipil perempuan. Dikatakan angka korban diperkirakan meningkat karena banyak orang yang terluka berada dalam kondisi kritis.

Aktivis lokal tidak menyebutkan korban ISIS, namun mengatakan 10 tewas dan terdaftar nama mereka.

Di luar pusat kota Homs, serangan udara ditargetkan daerah kantong yang dikuasai pemberontak dari Waer, yang telah melihat on-dan-off negosiasi gencatan senjata dengan rezim dalam beberapa bulan terakhir.

Serangan menewaskan sedikitnya 13 warga sipil, termasuk anggota tim negosiasi lingkungan dan istrinya, kata Observatorium. Waer adalah daerah yang dikuasai pemberontak terakhir Homs, yang dulu dikenal sebagai "ibukota revolusi" terhadap Assad.

Pembicaraan telah berlangsung selama berbulan-bulan pada potensi gencatan senjata antara rezim dan pemberontak pasukan, tetapi mereka sejauh ini membuahkan hasil.

Di provinsi Hama, helikopter menjatuhkan enam bom barel di kota Latamneh, menewaskan seorang wanita, sementara serangan ditumbuk daerah yang dikuasai pemberontak dari Deraa dan Aleppo provinsi, dan beberapa daerah di sekitar ibukota Damaskus.

Juga hari Selasa, pro-rezim media sosial melaporkan bahwa sejumlah personel militer yang melarikan diri dari dasar Wadi Deif tiba dengan selamat di kota Morek di sebelah provinsi Hama.

Media pemerintah mengakui kerugian, tetapi disebut dengan singkat ke "pemindahan" oleh pasukan pemerintah.

Hampir 200 pejuang dari kedua belah pihak tewas dalam 24 jam bentrokan, kata Observatorium. Ia juga mengatakan pejuang Nusra depan telah menangkap lebih dari 100 tentara rezim. "Ada setidaknya 100 orang tewas di sisi rezim dan 80 di antara para penyerang, tewas dalam bentrokan, pemboman dan dengan tambang," kata kepala Observatorium Rami Abdel-Rahman. Para jihadis dan sekutu mereka mengambil setidaknya 120 tentara tahanan, sementara 100 lainnya berhasil melarikan diri.

Sebuah video yang didistribusikan oleh Observatorium menunjukkan lima tentara ditangkap berlutut di lantai kamar, dipreteli untuk pakaian mereka dan dengan tangan terikat di belakang punggung mereka. Para penculik menendang orang-orang di wajah dan kepala mereka, menampar mereka, dan kemudian satu orang cambuk mereka tanpa ampun dengan selang sebagai salah satu prajurit berteriak kesakitan.

Merebut Wadi Deif dan Hamidieh pos militer kunci Senin memberikan jihadis menguasai sebagian besar dari provinsi barat laut, di pukulan besar bagi rezim. Para jihadis maju dengan dasar berkoordinasi dengan kelompok pemberontak Islam Ahrar al-Sham dan Jund al-Aqsa, Observatorium mengatakan, menambahkan bahwa serangkaian desa di daerah juga turun.

Aktivis di daerah itu mengatakan bahwa setidaknya satu kuburan massal telah ditemukan setelah mundur oleh pasukan pemerintah, yang berisi tujuh mayat.


latestnews

View Full Version