View Full Version
Jum'at, 30 Jan 2015

Mujahidin IS Tembak Jatuh Pesawat Tempur Rezim Assad di Damaskus, Tewaskan Sang Pilot

BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Mujahidin Daulah Islam (IS/ISIS) telah menembak jatuh sebuah pesawat tempur rezim Suriah yang sedang membom daerah oposisi yang mereka kuasai, menewaskan sang pilot, sebuah kelompok aktivis mengatakan Jum'at (30/1/2015).

Mujahidin menerbitkan foto-foto pesawat dan tubuh pilot di situs media sosial menyusul kecelakaan pada Kamis malam di provinsi Damaskus yang diklaim oleh IS.

Kelompok pejuang oposisi dan faksi-faksi jihad di Suriah yang berusaha menggulingkan Presiden Bashar Al-Assad telah sering menjatuhkan pesawat tempur rezim pemerintah.

"Sebuah pesawat ditembak jatuh di wilayah Bir Qasab provinsi Damaskus selatan, menyebabkan kematian pilotnya," kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) seperti dilansir AFP.

Direktur Observatorium Rami Abdel Rahman mengatakan kepada AFP bahwa IS menggunakan senjata anti-pesawat untuk menembak jatuh pesawat tempur tersebut saat jet itu melakukan pemboman.

Anggota dan pendukung IS menerbitkan beberapa foto-foto dari serangan itu pada akun sosial media mereka.

Satu foto yang diterbitkan di situs media sosial menunjukkan segumpal asap hitam membumbung di atas tampak jelas dari tempat serangan.

Foto lainnya menunjukkan mayat pilot yang berdarah-darah, serta ID militernya.

Sebuah tweet jihad dibagi secara luas terbaca: "Singa-singa dari khilafah telah menembak jatuh sebuah pesawat [angkatan udara Suriah] di Bir Qasab ... dan pilot tewas, segala puji bagi Allah."

IS memiliki anggota yang diposisikan di beberapa daerah provinsi Damaskus, terutama daerah Qalamoun dekat Libanon.

Pesawat-pesawat tempur dan helikopter rezim Assad membombardir wilayah yang dikuasai oposisi setiap hari.

Kelompok-kelompok HAM mengatakan sebagian besar korban dari pemboman udara rezim Bashar Al-Assad adalah warga sipil. (st/tds)


latestnews

View Full Version