View Full Version
Rabu, 18 Feb 2015

Serangan Tim Jibaku Taliban di Markas Polisi Logar Tewaskan 20 Polisi Afghanistan

LOGAR, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Sebuah tim serangan jibaku Taliban menyerbu sebuah markas polisi di provinsi Logar Afghanistan tengah dan menewaskan 20 polisi pada Selasa (17/2/2015) pagi. Kelompok mujahidin Afghanistan itu menyatakan tanggung jawab atas serangan tersebut.

Serangan terhadap markas polisi di mulai saat makan siang ketika salah satu pelaku bom jibaku "meledakkan bomnya di gerbang pintu masuk," menciptakan celah bagi tiga pejuang lainnya untuk memasuki kompleks itu, menurut Pajhwok Afghanistan News.

Dua dari para pejuang Taliban menyerang pusat komando sementara orang ketiga meledakkan rompinya di fasilitas makan. Sebagian besar korban dikatakan telah terjadi di fasilitas makan. Selain 20 polisi tewas, 20 lainnya dikatakan telah terluka.

Taliban Afghanistan menyatakan tanggung jawab untuk serangan itu dalam sebuah pernyataan berbahasa Arab yang dirilis di situsnya, Voice of Jihad, oleh Zabihullah Mujahid, juru bicara kelompok itu. Empat pejuang Taliban diidentifikasi sebagai Khalil Rahman dari provinsi Laghman, Aziz Rahman dari Baghlan, dan Mohammed Shafiq dan Samiullah dari Kabul. Para pejuang bersenjata dengan "senjata ringan dan berat" serta "sabuk peledak" dan "granat tangan," menurut Mujahid.

Mujahid mengatakan serangan itu bagian dari operasi "Khaibar" , referensi untuk ofensif Taliban yang diumumkan pada Mei 2014. Taliban bersumpah untuk "menargetkan semua pejabat tinggi pemerintah, menteri kabinet, anggota DPR, para pejabat keamanan, petugas pendukung pendudukan di Kementerian Dalam dan Luar Negeri, pengacara dan hakim yang mengadili Mujahidin serta agen di Direktorat Nasional [intelijen Afghanistan] yang mengejar dan menyiksa Mujahidin. "

Serangan jibaku, atau serangan terkoordinasi menggunakan satu atau lebih pelaku bom jibaku dan serangan tim, adalah taktik yang sering digunakan oleh Taliban Afghanistan, Jaringan Haqqani, Gerakan Taliban di Pakistan, Al-Qaidah dan cabang-cabangnya, kelompok sekutu seperti Lashkar-e-Taiba, Gerakan Islam Uzbekistan, dan oleh Daulah Islam (IS/ISIS). Serangan jibaku biasanya dilakukan oleh kelompok-kelompok jihad di Irak, Suriah, Yaman, Afghanistan, Pakistan, Somalia, dan Nigeria.

Serangan hari ini di Logar didahului oleh bentrokan kemarin di distrik Maiwand di provinsi selatan Kandahar yang mengakibatkan kematian lebih enam polisi dan sejumlah pejuang Taliban.

Petugas polisi Afghanistan, yang sering kurang terlatih dan bersenjata, telah berada di garis depan melawan meningkatnya pejuang Taliban ketika pasukan AS dan Eropa mengakhiri misi tempur mereka.

Taliban telah memukul polisi sangat keras ketika kelompok itu meningkatkan serangan terhadap pasukan keamanan Afghanistan pada tahun 2014. Dari sekitar 5.000 personel keamanan Afghanistan yang tewas pada tahun 2014, setidaknya 3.200 adalah polisi, Karl Ake Roghe, kepala Misi Kepolisian Uni Eropa di Afghanistan mengatakan kepada Associated Press pada akhir 2014. (st/tlwj)


latestnews

View Full Version