View Full Version
Senin, 23 Feb 2015

Daulah Islam (IS) Rilis Video Arak-arakan Tawanan Pasukan Kurdi dalam Kerangkeng

BAGHDAD, IRAK (voa-islam.com) - Daulah Islam (IS/ISIS) telah merilis sebuah video baru yang menunjukkan pejuang Peshmerga Kurdi diarak di jalan-jalan Irak di kandang.

Video itu menunjukkan 21 tawanan memakai jumpsuit oranye dengan keterangan 16 pejuang Peshmerga, dua perwira militer Syi'ah Irak dan tiga polisi. Kesemuanya diangkut masing-masing dalam kandang di atas truk-truk pickup.

Seorang pria dengan mikrofon bertuliskan logo IS mewawancarai beberapa tawanan, yang mengatakan bahwa mereka adalah tentara Peshmerga. Sebagian besar dari mereka yang diwawancarai mengatakan mereka dari Kirkuk. Para tahanan itu menyerukan kepada sesama prajurit Peshmerga mereka untuk menyerah melawan IS.

Rekaman ini juga menampilkan potongan klip dari pemenggalan Kristen koptik Mesir di Libya baru-baru ini.

Tidak ditunjukkan tanggal dan lokasi dalam video tersebut, namun sumber-sumber Kurdi mengatakan video itu difilmkan sepekan sebelumnya di pasar utama Hawija, sebuah kota yang dikuasai IS terletak sekitar 50 km dari Kirkuk.

Seorang komandan Peshmerga di Kirkuk, General Hiyowa Rash, mengatakan kepada AFP bahwa para sandera Peshmerga telah ditangkap pada 31 Januari "ketika pejuang Kurdi memukul mundur serangan IS yang menargetkan Kirkuk."

Tidak jelas apa yang terjadi pada orang-orang dalam video. Adegan terakhir menunjukkan mereka masih hidup.

Tapi pewawancara dalam video memberi peringatan kepada Pehmerga yang saat ini tengah memerangi mereka.

"Kami mengatakan kepada Peshmerga: Tinggalkan pekerjaan Anda, atau nasib Anda akan seperti ini, baik di kandang, atau di bawah tanah," katanya dalam bahasa Kurdi. (st/cnn)


latestnews

View Full Version