View Full Version
Ahad, 24 May 2015

Daulah Islam (IS) Kuasai Perlintasan Al-Walid di Sisi Perbatasan Irak-Suriah

ANBAR, IRAK (voa-islam.com) - Daulah Islam (IS) merebut sebuah perlintasan perbatasan kunci di sisi Irak, dimana mereka sebelumnya telah menguasai sisi perbatasan Suriah, setelah setelah pasukan pemerintah Syi'ah Irak yang terisolasi di tempat tersebut ditarik mundur, seorang polisi dan seorang pejabat provinsi mengatakan.

"Daesh, singkatan Arab untuk IS, dini hari (24/5/2015) tadi menguasai pos Al-Walid di perbatasan antara Irak dan Suriah setelah penarikan tentara dan polisi perbatasan Irak," kata seorang kolonel polisi.

Daulah Islam telah merebut perlintasan perbatasan di sisi Suriah, yang dikenal sebagai Al-Tanaf, tiga hari sebelumnya, meninggalkan pasukan Syi'ah Irak menjaga pos terpencil di provinsi Anbar yang sangat rentan tersebut.

Kolonel polisi itu mengatakan pasukan pemerintah Syi'ah Irak di Al-Walid sementara ditarik kembali ke dekat perlintasan Trebil yang berbatasan dengan Yordania.

IS merebut perbatasan lain yang melintasi antara Anbar dan Suriah tahun lalu. Perlintasan perbatasan lainnya antara kedua negara terletak lebih jauh ke utara dan dikendalikan oleh pasukan Kurdi.

Kepala komisi perbatasan Anbar menegaskan bahwa pasukan pemerintah telah menarik diri dari Al-Walid. "Tidak ada dukungan militer bagi pasukan keamanan dan tidak ada jumlah yang cukup dari mereka untuk melindungi persimpangan tersebut," kata Suad Jassem.

"Daesh sekarang mengontrol kedua sisi dari kedua penyeberangan itu," katanya. (st/AFP)


latestnews

View Full Version