View Full Version
Selasa, 26 May 2015

Sergapan Al-Shabaab di Garissa Tewaskan 20 Polisi Kenya

GARISSA, KENYA (voa-islam.com) - Polisi Kenya telah terlibat pertempuran sengit dengan mujahidin Al-Shabaab setelah penyergapan yang dilakukan kelompok mujahidin afiliasai Al-Qaidah itu di dekat perbatasan dengan Somalia, kata para pejabat Selasa (26/5/2015).

Al-Shabaab mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa setidaknya 20 polisi tewas, namun pihak berwenang Kenya tidak mau mengakui hal itu dan mengklaim hanya lima petugas yang terluka, dengan Menteri Dalam Negeri Joseph Nkaissery menolak klaim kematian itu sebagai "propaganda".

Penyergapan Senin malam terjadi hanya beberapa hari setelah pasukan keamanan tambahan Kenya dikerahkan di daerah itu untuk memperkuat keamanan setelah serangkaian serangan yang dilakukan oleh kelompok bersenjata dari cabang Al-Qaidah Somalia tersebut.

Sumber-sumber keamanan mengatakan para petugas polisi itu diserang dekat desa Yumbis, sekitar 80 kilometer timur laut dari Garissa dan tempat dari bentrokan antara Al-Shabaab dan pasukan keamanan Kenya pekan lalu.

Mereka disergap saat pergi untuk membantu polisi lain yang telah ditargetkan oleh alat peledak, diyakini merupakan ranjau darat atau bom pinggir jalan improvisasi.

"Pejuang Mujahidin melakukan serangan yang berhasil pada pasukan Kristen Kenya dan korban tewas lebih dari 20, lima kendaraan juga dibakar," kata juru bicara Al-Shabaab Abdulaziz Abu Musab dalam pernyataan yang dimuat di sebuah situs pro-mujahidin.

Pejabat Kenya media dan lokal awalnya mengatakan bahwa antara 10 dan 20 polisi tewas, sementara seorang juru bicara polisi mengatakan 13 petugas polisi hilang.

"Ada penyergapan pada petugas yang berpatroli dan sebagai hasilnya, 13 petugas yang hilang," kata juru bicara polisi George Kinoti.

"Polisi lebih telah dikirim untuk mencari mereka yang hilang dan para penyerang."

Tapi Komisaris Garissa County James Kianda menolak laporan itu - bersikeras kepada wartawan di Garissa bahwa semua petugas telah kembali.

Kementerian dalam negeri mengatakan ada lima polisi terluka, dengan satu petugas diterbangkan ke Nairobi dan lain dalam kondisi kritis.

Garissa County telah tetap stabil dengan sejumlah serangan sejak bulan lalu ketika empat militan Shebab menyerbu Garissa University College, membunuh 142 siswa dan enam anggota pasukan keamanan selama sehari pengepungan panjang.

Itu serangan mematikan kelompok di Kenya sampai saat ini.

Juga pekan lalu, mujahidin Al-Shabaab sebentar mengambil kendali dari sebuah masjid di daerah itu, memberikan khotbah berapi-api untuk para jamaah sebelum pergi.

Al-Shabaab dalam beberapa tahun terakhir mengalihkan perhatiannya terutama ke Kenya, menuntut mereka menarik tentara yang dikerahkan ke Somalia pada tahun 2011, dan meluncurkan serangkaian serangan termasuk serangan di tahun 2013 terhadap Westgate mal di Nairobi yang menewaskan sedikitnya 67 orang.

Masih belum jelas apakah serangan-serangan terbaru itu telah dilakukan oleh unit Al-Shabaab yang berbasis di Somalia, atau sel-sel kelompok mereka di dalam Kenya - dimana Al-Shabaab telah meningkatkan perekrutan dan operasi. (st/AFP)


latestnews

View Full Version