View Full Version
Rabu, 01 Jul 2015

Pendukung Al-Qaidah Yaman Serang Penjara di Kota Taiz, Bebaskan Lebih 1200 Tahanan

TAIZ, YAMAN (voa-islam.com) - Sekitar 1.200 tahanan, termasuk anggota Al-Qaidah, meloloskan diri selama bentrokan di sebuah penjara di pusat Yaman pada Selasa (30/6/2015), kata para pejabat.

Insiden ini adalah yang terbesar dalam serangkaian pembobolan penjara yang telah membebaskan para mujahidin Yaman dalam beberapa tahun terakhir dan sinyal pengikisan lebih lanjut dari negara itu di tengah perang saudara yang berkecamuk.

"Kelompok pendukung Al-Qaidah ... hari ini menyerang penjara pusat di kota Taiz dan lebih dari 1.200 tahanan yang berbahaya melarikan diri," kata kantor berita negara Saba mengutip seorang pejabat keamanan mengatakan.

Pejabat lokal lain mengatakan kepada Reuters beberapa pelarian "diduga anggota Al-Qaidah" tapi mengatakan mereka meloloskan diri di tengah bentrokan hebat antara milisi-milisi yang berperang di kota itu.

Pemberontak Syi'ah Houtsi masuk Taiz pada bulan Maret, dalam sebuah tekanan ke selatan dari basis mereka di utara ke ibukota Sana'a yang menarik intervensi militer dari koalisi Arab yang dipimpin Saudi.

Tapi tiga bulan serangan udara belum mendorong kembali kelompok pemberontak Syi'ah Houtsi dan unit tentara nakal Yaman yang setia kepada Ali Abdullah Saleh, mantan presiden negara itu yang bersekutu dengan Syi'ah Houtsi.

Pejabat keamanan mengatakan pasukan militer terkait dengan Saleh memungkinkan para tahanan untuk melarikan diri ketika milisi, yang dijuluki "komite populer" oleh pendukung mereka, bergerak maju.

"Pertempuran sengit terjadi di dekat penjara pusat dan komite populer mendekat dan menguasai daerah itu, tetapi pasukan Saleh membuka pintu penjara," klaim pejabat itu.

Itu adalah pembobolan penjara terbesar ketiga sejak kampanye udara yang dipimpin Saudi terhadap pemberontak Syi'ah Houtsi dimulai pada 26 Maret. Pemberontak kaki tangan Iran itu merebut ibukota, Sanaa, September lalu dan mengontrol banyak utara negara itu.

Sekitar 300 narapidana, termasuk seorang pemimpin atas Al-Qaidah, dibebaskan dari sebuah penjara di Mukalla setelah anggota AQAP merebut kota pelabuhan selatan itu pada bulan April. Pemberontak Syi'ah Houtsi juga diduga membebaskan narapidana terkait mereka dari sebuah penjara di kota barat daya Dhale. (st/Reuters)

Foto: Ilustrasi


latestnews

View Full Version