View Full Version
Selasa, 07 Jul 2015

Kota Ain Issa Jatuh ke Tangan ISIS dari Milisi Kurdi YPG

RAQQA (voa-islam.com) – ISIS berhasil merebut kembali sebuah kota dekat dengan pusat kekuatan di Suriah, Raqqa dari pasukan Kurdi, ungkap kelompok monitoring perang melaporkan, kepada kantor berita Reuter, Senin, 6/7/2015..

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan pasukan ISIS telah mengambil Ain Issa dan sekitarnya dari milisi YPG, yang merebut kota itu dari kontrol ISIS dua pekan lalu.

Observatorium mengatakan serangan menghancurkan tujuh jembatan di atas sungai di kota itu yang berbatasan ke selatan di tepi sungai Efrat, dalam upaya untuk menghalangi kemajuan ISIS yang ingin memasuk wilayah yang dikuasai YPG..

Seorang juru bicara milisi YPG tidak bisa segera dihubungi untuk memberikan komentar, tapi sebelumnya melaporkan serangan oleh sejumlah besar pejuang ISIS pada posisi YPG di daerah Ain Issa yang hanya berjaerak sekitar 50 km (30 mil) utara kota Raqqa.

Para pejabat AS mengatakan serangan udara terhadap kota Raqqa selama akhir pekan adalah palling dahsyat, tapi belum berhasil melumpuhkan kekuatan ISIS di Suriah.

Dilaporkan kota Ain Issa, yang berhasil direbut oleh ISIS hari Senin, posisinya berasa di jalan raya timur-barat utama ysepanjang jalan dari Aleppo di barat ke kota Irak Mosul.

Pasukan YPG yang berhasil merebut Ain Issa pada 23 Juni, dan ini bagian dari serangan terhadap ISIS, dan milisi berusaha menghancurkan kota Raqqa yang menjadi pusat ISIS di Irak, tapi miilisi YPG jmengalami kegagalan total, dan sekarang YPG berusaha keras mempertahankan kota Tel Abyad di perbatasan Turki dari gempuran ISIS. (dita/aby/voa-islam.com)

 


latestnews

View Full Version