View Full Version
Sabtu, 03 Oct 2015

Kota Amara dan Ba'adwayn di Somalia Tengah Jatuh ke Tangan Al-Shabaab

SOMALIA TENGAH (voa-islam.com) - Pejuang Al-Shabaab telah merebut dua kota di Somalia tengah, mengambil keuntungan menyusul kaburnya pasukan Uni Afrika atau Somalia di daerah itu.

"Amara dan Ba'adwayn sekarang di bawah kontrol penuh Al-Shabab," kata seorang pejabat daerah senior, yang berbicara dengan syarat anonim, DPA melaporkan.

Milisi lokal pro-pemerintah juga telah melarikan diri dari daerah itu, lebih lanjut "mempermudah" penangkapan wilayah itu oleh kelompok afiliasi Al-Qaidah di Somalia tersebut.

Menurut laporan, tidak ada tentara Somalia atau pasukan Uni Afrika di dua kota pada saat serangan Al-Shabaab.

Al-Shabaab telah memerangi pemerintah Somalia yang didukung Barat sejak tahun 2006, dan ingin mengganti sistem pemerintahan negara itu dengan Syariah Islam.

Para mujahidin telah didorong keluar dari ibukota Mogadishu dan kota-kota besar lainnya di negara Afrika tersebut oleh pasukan pemerintah dan Misi Uni Afrika untuk Somalia, yang dikenal sebagai AMISOM. Namun, mereka dengan mudahnya terus mengobarkan serangan mematikan di Mogadishu dan kota-kota lainnya.

Pada tanggal 19 September, para pejuang Al-Shabaab menewaskan 12 tentara Somalia dalam serangan yang dilakukan di selatan Mogadishu.

Dua hari kemudian, seorang pembom Al-Shabaab menabrakkan kendaraan sarat bahan peledak ke dalam pintu gerbang kompleks kepresiden di ibukota, menewaskan 11 orang. (st/ptv)


latestnews

View Full Version