View Full Version
Ahad, 04 Oct 2015

ISIS Menyerang Komplek Syiah di Bagdad, Sedikitnya 24 Orang Tewas

BAGDAD (voa-islam.comm) – ISIS melakukan pemboman 'bunuh diri' yang menewaskan sedikitnya 24 orang di pusat Syiah di Baghdad, serangan itu menghantam gerbang pos pemeriksaan yang akan memasuki komplek Syiah, Sabtu, 3/10/2015.

"Tiga pelaku bom bunuh diri mencoba melewati pos pemeriksaan di Adan Square" di lingkungan Kadhimiyah, kata juru bicara Komando Operasi Baghdad Saad Maan.

Serangan itu terjadi sekitar pukul 5.30 pm (1430 GMT) di alun-alun, salah satu jalur akses utama tempat suci Syiah Kadhimiyah, yang selalu dikunjungi banyak pengunjung Syiah, Sabtu.

Saad Maan mengatakan pasukan keamanan di pos pemeriksaan mellawan penyerang dan menembak mati salah satu dari mereka, sementara dua lainnya meledakkan diri. Seorang kolonel polisi mengatakan salah satu ledakan itu disebabkan oleh bom mobil bunuh diri.

Dia mengatakan sedikitnya 24 orang tewas dan 61 luka-luka. Sebuah sumber di rumah sakit terdekat Kadhimiyah dan pejabat kementerian dalam negeri mengkonfirmasi jumlah korban dalam skala besar.

ISIS telah berhasil menguasai banyak wilayah Irak sejak tahun lalu, dan mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, kata kelompok pemantau AS.

Kelompok yang berafiliasi dengan ISIS melalui tweeter bahwa dua pembom, Abu Hudhayfa dan Abu Aisha, meledakkan sabuk peledak mereka, satu demi satu, di pertemuan Syiah di Kadhimiyah, menurut SITE Intelligence Group.

Adan Square, telah berulang kali mendapatkan serangan. Lebih dari 20 orang tewas dalam ledakan bom bunuh diri yang ada pada bulan Februari.

Menurut angka yang dikeluarkan oleh Misi PBB di Irak, Kamis, total 717 orang Irak tewas dan 1.216 lainnya luka-luka dalam aksi kekerasan dan konflik bersenjata selama September. 

Wilayah kota Bagdad, menurut sumber informasi, sudah lebih 257 orang yang tewas akibat serangan bom 'bunuh diri' itu. Konflik di Irak akan terus berlangsung sampai Amerika, Syiah dapata dikalahkan. (sasa/aby/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version