View Full Version
Sabtu, 06 Feb 2016

Al-Qaidah Yaman Konfirmasi Kematian Komandan Militer Mereka dalam Serangan Udara AS di Abyan

ABYAN, YAMAN (voa-islam.com) - Al-Qaidah di Semenanjung Arab (AQAP) membenarkan bahwa Jalal Bala'idi, seorang komandan lapangan terkemuka AQAP yang juga dikenal sebagai Hamza al Zinjibar, dibunuh oleh AS dalam serangan udara di provinsi Abyan pada 3 Februari. AQAP merilis sebuah pernyataan pada hari Jum'at (5/2/2016) mengkonfirmasi kematiannya.

Kami menyampaikan bela sungkawa kepada umat Islam dan khususnya orang-orang beriman dan bijaksana kami di Yaman, dan di atas mereka, suku terhormat al-Maraqisha, untuk pembunuhan komandan heroik Jalal Bal'idi al-Marqishi, semoga Allah merahmatinya, yang gugur dalam serangan Tentara Salib yang menargetkan dirinya sementara dia berasa di antara anak-anak dari sukunya di provinsi Abyan, kata AQAP dalam terjemahan yang diperoleh situs monitoring mujahidin, SITE Intelijen Goup.

Bala'idi adalah salah satu pemimpin tertinggi AQAP. Pada tahun 2014, Hadiah AS untuk program Keadilan yang menargetkan para pemimpin mujahidin, menawarkan hadiah uang sebesar 5 juta USD untuk informasi "yang mengarah ke lokasi" dirinya dan tujuh pemimpin senior lainnya, termasuk pendiri dan pemimpin AQAP Nasir al Wuhayshi; komandan militer dan pemimpin AQAP saat ini Qasim al Raymi, dan Ibrahim al Asiri, ahli pembuat bom.

Bala'idi telah ditampilkan dalam propaganda AQAP. Seperti baru-baru ini di Desember 2015, ia direkam di Jaar setelah kelompok itu menguasai kota Yaman selatan tersebut.

Dia bertanggung jawab atas nama AQAP atas pencapaian  sejauh ini. Dia menjabat sebagai "komandan lapangan" di provinsi Yaman Abyan, Bayda, Hadramout, Lahj, dan Shabwa, menurut The Yemen Times. Ia juga dikatakan pemimpin Ansar Al Syariah di provinsi Abyan. (st/tlwj)


latestnews

View Full Version