View Full Version
Sabtu, 21 May 2016

Serangan Terbaru Islamic State (IS) di Dekat Kota Palmyra Tewaskan 7 Tentara Suriah

HOMS, SURIAH (voa-islam.com) - Sedikitnya tujuh pasukan tentara Suriah tewas dan belasan lainnya luka-luka dalam serangan baru oleh para pejuang Islamic State (IS) dekat kota kuno Palmyra di provinsi Homs, sumber-sumber lokal melaporkan pada hari Jum'at (20/5/2016).

Pejuang IS menyerang pasukan rezim Suriah di dekat bandara militer Palmyra di timur kota, menghancurkan dua kendaraan militer dan menewaskan tujuh tentara.

"Serangan yang dipimpin ISIS di bandara militer terjadi setelah militan menyusup ke posisi tentara dan meledakkan beberapa bahan peledak. Korban tewas awal di antara jajaran tentara sejauh ini telah mencapai 7 dan 11 lainnya terluka dalam serangan itu," aktivis media lokal Imad al-Hussein, yang menyebut nama sebelumnya dari IS, mengatakan kepada ARA News di Palmyra.

Juga pada hari Jum'at, pejuang IS menyerang posisi militer Suriah di dekat ladang minyak al-Shaer di provinsi Homs dengan mortir. Tidak segera jelas berapa banyak pasukan tewas dalam serangan al-Shaer.

"Pasukan tentara Suriah dan milisi sekutu sekarang siaga di Palmyra dan bagian lain dari Homs akibat serangan ISIS yang intensif pada posisi mereka dalam beberapa hari terakhir," al-Hussein melaporkan.

Kekerasan kembali hari Ahad lalu di kota kuno Suriah dari Palmyra, yang direbut kembali oleh pasukan tentara Suriah -didukung oleh serangan udara Rusia dari pejuang Islamic State pada bulan Maret.

Setelah bentrokan dengan pasukan tentara Suriah, pejuang IS pada hari Ahad merebut dua bukit dekat Gunung Bin Ali di pinggiran kota Palmyra, menurut sumber-sumber militer dan aktivis lokal.

"Militan ISIS meluncurkan serangan kejutan pada markas tentara Suriah di barat laut Palmyra. Bentrokan sengit terjadi di sekitar Gunung Bin Ali, dan pejuang ISIS akhirnya mampu menguasai dua bukit yang menghadap kota kuno," kata aktivis media Amro al-Hussain kepada ARA News di Palmyra.

Sumber itu menambahkan bahwa pasukan tentara Suriah menarik diri menuju markas mereka di dalam kota Palmyra. Setidaknya empat tentara Suriah tewas dalam bentrokan itu, dan IS dilaporkan mampu merebut banyak amunisi dan senjata ringan setelah penarikan tentara.

Seorang perwira tentara Suriah, yang berbicara kepada ARA News pada kondisi anonimitas, menegaskan serangan yang dipimpin IS di barat laut Palmyra, mengklaim mundurnya tentara sebagai "penarikan taktis".

"Kelompok teroris melancarkan serangan mendadak pada posisi militer pada hari Ahad malam. Namun, bentrokan masih berlangsung dan dua bukit akan direbut kembali segera, karena Daesh tidak bisa membuat gerakan lebih lanjut ke arah kota karena pasukan tentara kita banyak dikerahkan di pinggiran kota Palmyra, "katanya, menggunakan akronim Arab untuk IS. Perwira tentara itu mengklaim bahwa dua bukit yang jatuh ke IS tersebut "tidak penting dan strategis", menambahkan bahwa penarikan tentara adalah untuk menghindari "kerugian yang tidak perlu".

Pada bulan Mei 2015, IS mengambil alih Palmyra setelah pertempuran sengit dengan pasukan tentara rezim Suriah.

Pada bulan Maret 2016, pasukan pro-rezim yang didukung oleh angkatan udara Rusia mampu merebut kontrol penuh atas pusat kota Palmyra setelah IS mundur menuju desa utara Palmyra dan pinggiran timur. pemimpin mereka kemudian memerintahkan para anggotanya untuk menarik diri menuju benteng utama dari Raqqa, timur laut Suriah. (an/ARA)


latestnews

View Full Version