View Full Version
Senin, 30 May 2016

Serangan Mendadak Islamic State (IS) Berhasil Bebaskan Kota Hit dari Kontrol Pasukan Syi'ah Irak

ANBAR, IRAK (voa-islam.com) - Islamic State (IS) pada hari Ahad (29/5/2016) bergerak maju di kota Irak Hit menyusul bentrokan dengan pasukan militer Syi'ah Irak, sumber-sumber mengatakan.

"Pasukan Irak gagal mencegah serangan tiba-tiba IS di sisi timur dari Hit," kata seorang sumber keamanan kepada The New Arab.

"Bentrokan keras saat ini sedang berlangsung di jalan al-Jari, dan tentara Irak telah meminta bala bantuan untuk mengendalikan situasi," tambah sumber tersebut.

"Beberapa ledakan, diduga disebabkan oleh bom mobil IS, dapat didengar di kota."

Ratusan keluarga telah mulai melarikan diri dari kota itu menuju kota tetangga Kubaysa untuk mencari tempat perlindungan yang aman, menurut salah satu sesepuh kota.

Sheikh Faleh al-Namrawi meminta pemerintah untuk menahan situasi dan mengirim bala bantuan militer, mendesak untuk menghentikan kemajuan IS.

"Pasukan Irak tidak siap untuk bentrokan kekerasan yang sedang berlangsung dengan IS," katanya kepada The New Arab, "dan mereka membutuhkan dukungan udara dan bala bantuan."

Para pejabat Irak dan koalisi mengatakan Hit - yang terletak di sepanjang lembah sungai Efrat di provinsi Anbar Irak yang luas - secara strategis penting penting karena itu terletak bersama jalur suplai IS yang menghubungkan mereka di Irak dengan orang-orang di Suriah.

Bulan lalu, pasukan Irak mengumumkan pembebasan penuh dari kota itu dari kontrol IS, menyusul bentrokan yang berlangsung lebih dari satu bulan.

Kota ini berada di bawah kendali IS sejak mereka menyerbu daerah itu bulan Oktober 2014.

IS masih menguasai sebagian dari utara dan barat Irak, tetapi telah didorong kembali dalam beberapa bulan terakhir di beberapa daerah, seperti kota-kota Ramadi dan Tikrit. (st/tna)


latestnews

View Full Version