View Full Version
Selasa, 21 Jun 2016

Serangan Balasan Islamic State (IS) Tewaskan 40 Pasukan Suriah di Perbatasan Raqqa

RAQQA, SURIAH (voa-islam.com) - Islamic State (IS) meluncurkan serangan balasan di provinsi Raqqa Suriah, hari Senin (20/6/2016), menewaskan 40 pasukan pemerintah dan mengusir banyak lainnya, kata satu kelompok pemantau.

IS membalas dengan serangan pemerintah yang dimulai pada tanggal 3 Juni dengan tujuan merebut kembali ibukota de-facto IS, Raqqa serta bendungan terbesar di negara itu di Tabqa, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) mengatakan.

"Daesh telah berhasil mengusir pasukan rezim dari batas administrasi provinsi Raqqa setelah balasan sengit," kata monitor yang berbasis di London, menggunakan akronim bahasa Arab untuk IS.

Ratusan bala bantuan dikirim ke pertempuran pasukan rezim, yang mengakibatkan kematian puluhan tentara.

"Lebih dari 40 anggota pasukan pro-rezim tewas," kata Observatorium, yang mengandalkan jaringan yang luas dari sumber di tanah untuk informasinya.

Sebelumnya pada Senin, pasukan pro-rezim, didukung oleh kekuatan udara Rusia, bergerak maju menuju Tabqa dan sebuah pangkalan udara yang berdekatan yang dikuasai oleh IS.

Pasukan pemerintah telah terjebak di sekitar 15 kilometer dari bandara selama lebih dari seminggu.

Serangan pemerintah disertai dengan kampanye udara berat di kota itu, yang memungkinkan mereka untuk membuat kemajuan pada hari Ahad.

Jet-jet tempur menghantam kota Tabqa dengan munisi tandan, menewaskan sedikitnya 10 warga sipil, kelompok aktivis Raqqa is Being Slaughtered Silently (RBSS) mengatakan. (st/tna)


latestnews

View Full Version