View Full Version
Ahad, 08 Jan 2017

Jihadis Inggris Mantan Tahanan Guantanamo Diam-diam Pergi ke Suriah untuk Bergabung dengan Al-Qaidah

SURIAH (voa-islam.com) - Seorang mujahid dari Inggris yang mengaku mantan tahanan Teluk Guantanamo telah meloloskan diri ke Suriah di mana dia sekarang berjuang untuk Al-Qaidah, DailyMail melaporkan hari Ahad (8/1/2017).

Sang jihadis- yang telah menjuluki dirinya Abu Mugheera Al-Britani, yang berarti 'dari Inggris' - telah menulis secara detail tentang pengalamannya di kamp penjara terkenal AS tersebut.

Meskipun identitas asli Al-Britani ini belum ditetapkan, setidaknya 16 warga negara dan warga Inggris pernah ditahan di kamp militer Guantanamo di Kuba.

Kementerian Luar Negeri Inggris mengatakan tidak bisa memastikan siapa Abu Mugheera.

Dailymail menulis bahwa pengakuannya akan memicu kekhawatiran bahwa beberapa tersangka jihadis yang dibebaskan tidak meninggalkan ideologi jihad mereka dan bisa tetap menjadi ancaman bagi masyarakat. Hal ini juga akan meningkatkan kekhawatiran bahwa kompensasi yang dibayarkan kepada para mantan narapidana membantu untuk mendanai kampanye teror.

Semua tahanan Guantanamo terkait Inggris kini telah dibebaskan dan, di antara mereka, telah menerima total £ 20 juta sebagai kompensasi dari Pengadilan Tinggi yang dibayar oleh para pembayar pajak Inggris.

Uang itu diserahkan setelah para tahanan menggugat badan mata-mata Inggris MI5 dan MI6 karena keterlibatannya dalam dugaan penyiksaan mereka di tangan Amerika.

Al-Britani mengatakan dia menghabiskan bertahun-tahun di Teluk Guantanamo, di mana lebih dari 700 mujahid yang dianggap paling berbahaya di dunia dipenjarakan di setelah serangan 9/11.

Dalam sebuah majalah online untuk para jihadis, ia menulis: "Duduk di tanah yang diberkati dari al-Syam [Suriah Raya], merenungkan minggu-minggu dan hari yang dihabiskan di balik jeruji besi, saya bersyukur kepada Allah karena membebaskan saya dan memberikan saya kesempatan untuk melaksanakan lagi jihad di jalan-nya.'

Al-Britani adalah mantan tahanan Guantanamo kedua asal Inggris yang diketahui telah meloloskan diri ke Suriah untuk bergabung dengan kelompok jihad. Pada bulan Oktober, dilaporkan bahwa mualaf Jamal al-Harits, dari Manchester, telah pergi ke Suriah untuk bergabung Islamic State (IS). Pada saat itu, ia dilaporkan bertempur dekat Aleppo.

Al-Harith dibebaskan dari penjara Guantanamo pada tahun 2004 setelah ditahan selama dua tahun. Ia ditangkap di Kandahar oleh pasukan AS pada Februari 2002.

Al-Harits menerima sekitar 1 juta Euro sebagai kompensasi dari pemerintah, yang dikhawatirkan telah dihabiskan untuk melakukan perjalanan diri ke Suriah - serta dana jihad.

Jamal Al-Harith, mantan tahanan penjara Teluk Guantanamo asal Inggris yang kemudian pergi ke Suriah dan bergabung dengan Islamic State.

Al-Britani, yang mengaku berusia 30-an, mengatakan ia berada di Afghanistan ketika koalisi pimpinan AS menyerang negara itu pada tahun 2001.

Dia mengatakan bahwa ia berbasis di pegunungan Tora Bora ketika tentara AS tiba untuk memburu pemimpin Al-Qaidah saat itu Syaikh Usamah Bin Ladin. Al-Britani dan sepuluh orang lainnya diperintahkan untuk menyeberang ke Pakistan, di mana penduduk setempat akan membantu mereka melakukan perjalanan ke Lahore.

Ketika para mujahidin tiba, mereka bertemu dengan tentara Pakistan, yang mengatakan bahwa mereka akan mengawal para jihadis. Tapi hari berikutnya, pasukan Pakistan itu membawa para jihadis ke sebuah kamp militer dan memenjarakan mereka, kemudian menyerahkan mereka ke Amerika. (st/dm)


latestnews

View Full Version