View Full Version
Selasa, 19 Sep 2017

HTS Eksekusi Mati 3 Pembunuh 7 Relawan Sipil White Helmet di Idlib Suriah

IDLIB, SURIAH (voa-islam.com) - Faksi oposisi Hay'at Tahrir Al-Sham (HTS) pada hari Senin (18/9/2017) mengeksekusi tiga orang yang terbukti bersalah membunuh tujuh pekerja Pertahanan Sipil pada Agustus lalu di provinsi Idlib utara, kata aktivis setempat.

Penyerang bersenjata pada 12 Agustus menyerang sebuah kantor dari kelompok paramedis White Helmet atau Helm Putih Suriah di kota Sarmin, menewaskan tujuh anggotanya dan mencuri dua kendaraan dan peralatan lainnya.

Dengan cara yang sama, para pekerja Helm Putih terbunuh, kelompok Hay'at Tahrir al Sham kemudian mengeksekusi para penyerang dengan ditembak di kepala.

Sarmin dulunya adalah kubu kelompok bersenjata Jund al-Aqsa yang bentrok dengan HTS tahun lalu sebelum banyak para anggotanya diizinkan untuk pergi ke daerah-daerah yang dikuasai Islqmic State (IS), yang mereka perjuangkan sekarang.

Relawan pertahanan sipil Helm Putih muncul pada tahun 2013, bekerja untuk menyelamatkan warga sipil di daerah oposisi yang terkepung.

Sejak saat itu mereka mendapatkan kemasyhuran internasional karena aksi penyelamatan mereka yang berani, sering difilmkan dan diedarkan di media sosial, dan dinominasikan untuk Hadiah Nobel Perdamaian 2016. (st/Orient) 


latestnews

View Full Version