View Full Version
Kamis, 19 Apr 2018

Serangan Kejutan Islamic State (IS) dekat Kota Mayadin Tewaskan 25 Tentara Suriah

DEIR AL-ZOR, SURIAH (voa-islam.com) - Pejuang Islamic State (IS) telah meluncurkan serangan mendadak di dekat sebuah kota di Suriah timur yang lepas dari kontrol mereka enam bulan lalu, menewaskan sedikitnya 25 pasukan rezim, sebuah kelompok monitor mengatakan Kamis (19/4/2018).

Setidaknya 13 pejuang IS juga gugur dalam serangan yang dilakukan di dekat Mayadin pada Rabu sore, pemantauan Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan.

Mayadin terletak di provinsi timur Deir Al-Zor di tepi barat Sungai Eufrat dan diapit oleh gurun Badia yang luas di barat dan selatan.

Namun sebuah sumber militer pada hari Kamis tidak mau mengaku adanya serangan apapun terhadap posisi tentara Suriah di sepanjang tepi barat sungai Eufrat.

Bagaimanapun pemboman berselang pada posisi tentara dari tepi timurnya telah mendorong pembalasan dengan senjata yang sesuai, klaim sumber itu.

Pasukan Tentara Demokrasi Suriah (SDF) yang didukung AS, aliansi pejuang Kurdi dan Arab, menguasai sebagian besar wilayah di sebelah timur Efrat, di mana beberapa desa masih di bawah kendali IS.

Direktur observatorium Rami Abdel-Rahman mengatakan pada Kamis pagi "upaya IS untuk maju ke arah kota Mayadin sedang berlangsung" dari gurun Badia.

Dia mengatakan itu adalah "serangan IS terbesar sejak mereka diusir dari kota tersebut" oleh pasukan rezim dan sekutu mereka pada bulan Oktober 2017.

IS menyapu sebagian besar Suriah dan negara tetangga Irak pada tahun 2014, mendeklarasikan "kekhalifahan" lintas batas di wilayah yang mereka kuasai.

Pada puncaknya, negara mereka meliputi wilayah seluas Italia, tetapi IS telah kehilangan sebagian besar akibat serangan rezim Assad yang didukung Rusia dan serangan SDF yang didukung AS.

Sekarang mereka mengontrol sekitar lima persen dari Suriah, menurut ahli Suriah Fabrice Balanche.

Tetapi para pejuang IS telah mempertahankan kemampuan mereka untuk melakukan serangan mematikan. Mereka menguasai kantong di Deir Al-Zor dan hadir di distrik selatan ibukota.

Sejak mendapatkan kembali kendali penuh Ghouta Timur ke timur laut Damaskus dari pejuang oposisi pekan lalu, rezim itu telah mengalihkan perhatiannya ke distrik-distrik yang dipegang IS di selatan ibukota. (st/TNA)

Share this post..

latestnews

View Full Version