View Full Version
Senin, 21 May 2018

Akan Lancarkan Serangan, Taliban Peringatkan Warga Hindari Pusat Militer Afghanistan di Kabul

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Kelompok pejuang Taliban pada hari Senin (21/5/2018) memperingatkan warga Kabul untuk menghindari "pusat militer" di kota yang dijaga ketat tersebut, mengatakan mereka merencanakan lebih banyak serangan di ibukota Afghanistan.

Kelompok Taliban telah mengeluarkan peringatan seperti itu kepada warga sipil sebelumnya, termasuk selama upaya untuk merebut kota Farah di Afghanistan selatan pekan lalu, tetapi diyakini menjadi yang pertama kalinya mereka memilih Kabul.
Iklan

PBB mengatakan ibukota Kabul - tempat di mana kelompok afiliasi Islamic State (IS) juga meningkatkan serangan - sudah menjadi tempat paling mematikan di negara itu bagi warga sipil.

Taliban mengatakan mereka merencanakan lebih banyak serangan terhadap "pusat militer dan intelijen musuh" sebagai bagian dari serangan musim semi tahunan.

"Oleh karena itu, untuk menghindari korban sipil dan hanya menyebabkan kerusakan pada militer musuh, kami meminta warga Kabul untuk menjauh ... kami tidak ingin seorang pun warga sipil yang tidak bersalah terbunuh," kata sebuah pernyataan yang diterbitkan online.

Sebagai tanggapan, kementerian pertahanan mengklaim polisi dan tentara "siap untuk melindungi orang-orang dengan segala cara yang mungkin", dan tidak akan mengizinkan para pejuang Islam untuk mencapai "tujuan mereka yang tidak Islami dan tidak manusiawi".

Taliban tidak mendefinisikan apa yang dimaksud dengan "pusat militer dan intelijen".

TARGET TOP

Pernyataan Taliban itu datang pada hari Senin ketika para pejabat di provinsi selatan Kandahar mengatakan para pejuang Islam telah menewaskan lima teknisi penjinak ranjau ketika mereka membersihkan daerah itu dalam persiapan untuk pipa gas multi-miliar dolar.

Taliban sebelumnya berjanji untuk bekerja sama dengan pipa TAPI, dinamai dari negara-negara yang mengambil bagian dalam proyek tersebut: Turkmenistan, Afghanistan, Pakistan dan India.

Seorang juru bicara pejuang Taliban mengatakan mereka masih menyelidiki insiden itu.

Taliban meningkatkan serangan musim semi Al Khandaq mereka dalam sebuah penolakan nyata terhadap seruan untuk mengambil tawaran dialog perdamaian pemerintah Afghanistan Februari.

Kemampuan mengerikan para jihadis untuk menghantam di jantung negara meskipun peningkatan pemeriksaan polisi telah menyoroti kegagalan keamanan dan intelijen, dengan pemerintah Presiden Ashraf Ghani berada di bawah tekanan yang meningkat untuk melindungi warga sipil.

Kabul dipenuhi dengan pengungsi yang kembali dan pengungsi internal Afghanistan yang melarikan diri dari perang dan mencari pekerjaan dan keamanan.

Kota ini adalah target utama. Ini menyumbang 16 persen dari semua korban sipil tahun lalu, ketika 1.831 warga sipil tewas atau terluka secara nasional, menurut Misi Bantuan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Afghanistan.

PBB telah memperingatkan bahwa 2018 bisa lebih mematikan. (st/cna)


latestnews

View Full Version