View Full Version
Rabu, 20 Jun 2018

Pejuang Oposisi Suriah di Dara'a Waspadai Serangan Besar Rezim Assad

DARA'A, SURIAH (voa-islam.com) - Pejuang oposisi Suriah dalam keadaan waspada ketika pasukan rezim yang didukung oleh Syi'ah Hizbullata Libanon dan milisi Syi'ah bayaran Iran telah memobilisasi pasukan untuk meluncurkan serangan besar di Suriah selatan meskipun ada peringatan dari Washington, kata sumber setempat.

Pasukan rejim berusaha untuk memisahkan daerah yang dikuasai oposisi di provinsi Dara'a dan Quneitra di sepanjang perbatasan Yordania dan Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

Sumber-sumber di lapangan mengatakan pasukan Bashar al-Assad berencana merebut puncak bukit al-Harra yang strategis di wilayah baratnya dan mengisolasi para pejuang oposisi di wilayah al-Lajat yang terletak di perbatasan dengan Yordania.

Pasukan Bashar Assad telah merebut kembali banyak wilayah dari para pejuang oposisi dengan bantuan kekuatan udara Rusia dan milisi Syi'ah yang didukung Iran, dan dia berulang kali berjanji untuk mengambil kembali "setiap inci, menurut Reuters"

Assad pada hari Rabu mengklaim bahwa rezimnya masih mengejar solusi politik untuk wilayah barat daya yang dikuasai oposisi Suriah, tetapi akan menggunakan kekuatan militer jika upaya itu gagal.

Sementara itu, bentrokan meletus Senin antara milisi Syi'ah Hizbullata dan pejuang oposisi di Quneitra.

Milisi Syi'ah Hizbullata telah mengintensifkan serangan mereka di wilayah barat daya meskipun ada peringatan yang jelas oleh AS untuk mengambil tindakan tegas dan tepat dalam menanggapi pelanggaran di zona eskalasi yang ditetapkan di Suriah barat daya.

Para aktivis telah melaporkan korban dari Syi'ah Hizbullata dalam bentrokan, yang terjadi di desa Um Batneh di selatan kota Quneitra.

Setelah tujuh tahun konflik, barat daya Suriah, berbatasan dengan Yordania dan Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel, adalah salah satu bagian dari negara yang masih di luar kendali rezim Assad.

Tembakan artileri Syi'ah Hizbullata membunuh 5 warga sipil pada hari Jumat di Daraa selama perayaan Idul Fitri.

Sejak tahun lalu, kesepakatan "de-eskalasi" yang diperantarai oleh Yordania, Rusia, dan Amerika Serikat telah menyebabkan tidak adanya pertempuran di barat daya. (st/AMN)


latestnews

View Full Version