View Full Version
Rabu, 04 Jul 2018

Al-Shabaab Larang Penggunaan Kantong Plastik di Wilayah yang Mereka Kuasai

SOMALIA SELATAN (voa-islam. com) - Afiliasi Al-Qaidah Somalia Al-Shabaab telah memberlakukan larangan penggunaan kantong plastik atas bahaya yang ditimbulkan terhadap lingkungan, The Independent melaporkan hari Selasa (3/7/2018).

Radio Andalus yang dijalankan Al-Shabaab menyiarkan larangan itu Ahad malam, mengatakan bahwa plastik yang dibuang "menimbulkan ancaman serius terhadap kesehatan manusia dan hewan", kata Mohammed Abu Abdullah, salah satu pemimpin kelompok yang bermarkas di Somalia selatan.

Kantong plastik bergabung dengan daftar panjang barang terlarang di wilayah yang dikontrol Al-Shabaab di Somalia, termasuk musik, bioskop dan telepon pintar.

Kelompok itu tidak menyebutkan bagaimana larangan itu akan dilaksanakan, tetapi kelompok tersebut biasanya menggunakan hukuman publik yang ketat bagi mereka yang tidak mematuhi.

Abdullah menambahkan bahwa penebangan pohon langka juga akan ditambahkan ke daftar larangan, dalam upaya untuk melestarikan lingkungan.

Sementara komentator di media sosial mengejek tentang sikap "ramah lingkungan" kelompok afiliasi Al-Qaidah tersebut, Independen mencatat bahwa Al-Qaidah telah "vokal" tentang isu-isu lingkungan di masa lalu.

Bahkan cabang Al-Qaidah di Yaman, Al-Qaidah di Semenanjung Arab (AQAP), menyerukan mantan presiden AS Barack Obama pada 2016 karena tidak bekerja untuk mengatasi masalah "perubahan iklim".

Kelompok ini telah berperang dengan pemerintah Somalia selama lebih dari satu dekade, dan pada tahun 2012 berjanji setia kepada Al-Qaidah yang menarik kehadiran kontra-jihadis internasional.

Ambisi politik utama Al-Shabaab adalah untuk mengambil kendali dan mengatur Somalia dengan syariah Islam. (st/MeMo) 


latestnews

View Full Version