View Full Version
Senin, 02 Feb 2015

Membaca Al-Ikhlas 7 Kali di Pagi dan Sore Hari Akan Dibangunkan Rumah di Surga?

Soal:

Assalamu 'Alaikum Warahmatullah Wabarakaatuh.

Ustadz apa benar membaca surat Al-iIhlas sebanyak 7X di pagi dan petang
akan dibangunkan sebuah rumah di tengah surga?

Setahu saya untuk mendapatkan ke utaman itu adalah mengerjakn sholat rawatib..!

Safarudin n.

Jawab:

Wa'alaikumus Salam Warahmatullah Wabarakaatuh.

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Kami tidak menemukan riwayat shahih (bahkan yang dhaifpun tidak) menerangkan keutamaan membaca surat Al-Ikhlas 7 kali di pagi dan petang hari maka akan dibangunkan rumah di surga.

Berkaitan Surat Al-Ikhlas dibaca pagi dan sore hari, kami temukan riwayat di Sunan Abu Dawud dan Al-Tirmidzi menerangkan anjuran membaca surat Al-Ikhlash dan Mu’awwidzatain (Al-Falaq dan al-Naas) di pagi dan sore hari sebanyak 3 kali. Dan Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam menyebutkan keampuhannya,

تَكْفِيكَ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ

“Mencukupkanmu dari segala sesuatu.”

Amal-amal yang dijanjikan rumah di surga bagi pelakunya pernah kami bahas. Di antaranya seperti yang Anda sebutkan, menjaga shalat-shalat sunah rawatib dua belas rakaat. Amal lainnya, membaca surat Al-Ikhlas sebanyak sepuluh kali tanpa disebutkan waktu-waktunya. Bukan tujuh kali di pagi dan petang hari.

Dari hadits Mu’adz bin Anas Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ حَتَّى يَخْتِمَهَا عَشْرَ مَرَّاتٍ بَنَى اللَّهُ لَهُ قَصْرًا فِي الْجَنَّةِ

Siapa yang membaca Qul Huwallaahu Ahad (Surat Al-Ikhlash) sampai menghatamkannya sebanyak sepuluh kali niscaya Allah bangunkan untuknya intana di surga.” (HR Ahmad dari Mu’adz bin Anas al-Juhani & dihassankan Syaikh Al-Albani dalam Silsilah Shahihah, no. 589)

Silahkan baca “10 Amalan Berbonus Rumah di Surga.” Semoga jawaban ini bermanfaat. Wallahu A’lam. [Badrul Tamam/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version