View Full Version
Kamis, 22 Jun 2017

Shalat Sunnah Setelah Kajian Ba'da Shubuh

Soal:

Assalamu 'Alaikum.... Pak Ustadz, saya ikut kajian ba'da Shubuh dan selesai kajian kira-kira pukul 06 30 WIB. Selesai kajian banyak jamaah yang melaksanakan shalat sunnah, itu shalat apa?  Apakah pukul 06 30 WIB sudah masuk dhuha? Trimakasih atas jawabannya.

Bambang Arbangun

Jawab:

Wa'alaikumus Salam Warahmatullah...

Al-Hamdulillah. Shalawat dan salam atas Rasulillah, keluarga dan sahabatnya.

Sekitar pukul 06.30 WIB sudah masuk waktu dhuha. Shalat yang Anda tanyakan adalah shalat isyraq. Yaitu shalat Dhuha yang dikerjakan di awal waktu.

Syaikh Utsaimin menjelaskan shalat isyraq ini sebagai shalat yang dikerjakan setelah matahari meninggi satu tombak, sekitar lima belas menit setelah matahari terbit. Disebut demikian karena dikerjakan sesudah terbitnya matahari.

Keutamaan shalat ini dijelaskan dalam hadits Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam,

مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِي جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ  تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ

"Siapa yang shalat Shubuh dengan berjamaah, lalu duduk berdzikir kepada Allah sehingga matahari terbit, kemudian shalat dua rakaat, maka ia mendapatkan pahala haji dan umrah sempurna (diulang tiga kali)." (HR. Al-Tirmidzi, dihassankan oleh Al-Albani dalam al-Misykah, no. 971)

Dan diperolehnya keutamaan tersebut apabila ditegakkan syarat-syarat yang disebutkan di dalamnya: Shalat Shubuh berjama'ah, berada di tempat ia shalat (tidak berpindah dari tempat shalatnya), waktunya diisi dengan dzikir (bukan membicarakan urusan duniawi atau menyakiti orang), masih dalam keadaan suci, sampai terbit matahari, dan diakhiri dengan shalat dua rakaat di waktu Dhuha. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]

Silahkan baca tulisan kami berkaitan tema ini:

Share this post..

latestnews

View Full Version