View Full Version
Kamis, 17 May 2018

Shalat Tahajjud setelah Tarawih. Tutup dengan Shalat Witir lagi?

Soal:

Bade nyuwun pirso,, saya biasa shalat tahajud lagi setelah shalat taraweh. Kan sudah witir. Terus bagaimana tahajud apa tidak pakai shalat witir. Apa Witir lagi habis tahajud?

 

Jawab:

Alhamdullillah, segala puji milik Allah. shalawat dan salam atas Rasulillah, keluarga dan para sahabatnya.

Jika Bapak sudah tarawih bersama imam dengan ditutup witir, lalu kalau bangun malam bolehkah bapak nambah shalat tahajjud?

Shalat sunnah yang dikerjakan di antara isya' dan shubuh disebut qiyamullail. Jika di Ramadhan dengan berjamaah dinamakan Tarawih. Adapun shalat sunnah qiyamullail yang dikerjakan setelah tidur lumrah disebut tahajjud. Jika sudah Tarawih tetap boleh nambah shalat malam atau tahajjud itu. Karena ia waktu mutlak untuk shalat. Bahkan malam Ramadhan adalah waktu utama untuk melaksanakan shalat dan munajat kepada Allah Subahanahu wa Ta'ala.

[Baca: Salah! Meyakini Tidak Boleh Shalat Sunnah Sesudah Witir]

Semua itu dengan catatan: tidak lagi ditutup dengan witir. Karena witir sudah dikerjakan saat tarawih. Dan tidak ada 2 witir dalam satu malam sebagaimana sabda Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam,

لا وتران في ليلةٍ

Tidak ada 2 witir dalam satu malam.” (HR. Al-Tirmidiz dan al-Nasa’i)

Berangkat dari hadits ini, Syaikh Ibnu Bazz Rahimahullah berkata,

لا ينبغي لأحدٍ أن يُصلي وترين في ليلةٍ

Tidak boleh seseorang shalat dua witir dalam satu malam.” Kemudian beliau sebutkan 2 hadits pelaksanaan shalat witir. Pertama, hadits di shahihain tentang anjuran menjadikan witir sebagai penutup shalat malam. Kedua, hadits di Muslim tentang anjuran shalat witir sebelum tidur bagi yang khawatir tidak bangun malam. Wallahu a'lam. [PurWD/voa-islam.com]

* Dijawab: Badrul Tamam

* Kirimkan tulisan atau pertanyaan ke [email protected] / 087781227881 (SMS/WA)


latestnews

View Full Version