View Full Version
Kamis, 20 Sep 2018

Berpuasa Asyura, Tapi Punya Hutang Puasa Ramadhan. Sah Puasanya?

Soal:

Assalamualaikum, Pak ustad, Apabila saya masih memiliki hutang puasa lalu saya mengerjakan sunnah puasa ‘Asyuro, bagaimana hukumnya, apakah sah atau sebaliknya?  Mohon pencerahan. Terima kasih.

Aufa Safira

Jawab:

Wa’alaikumus Salam Warahmatullah,,, Ahlan Ukhti –rahimakullahu-.

Al-Hamdulilla, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam.  Shalawat dan salam atas Rasulullah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, dan keluarganya.

Saudari penanya yang Allah muliakan, berpuasa sunnah sebelum melaksanakan qadla' Ramadhan bagi yang masih punya hutang puasa –pendapat lebih kuat- adalah boleh dan sah puasa sunnahnya. Ini merupakan pendapat Jumhur. Karena qadha’ tidak harus segera. Waktunya longgar sampai sebelum tiba Ramadhan berikutnya.

[Baca: Mau Puasa Sunnah, Tapi Masih Punya Hutang Puasa Ramadhan]

Hanya saja di sana ada pendapat –seperti Madhab Maliki dan Syafi’i- yang menyatakan boleh (sah) tapi makruh. Sebabnya, karena menyibukkan diri dengan amal sunnah dari yang wajib. Yaitu mengakhirkan qadha’ puasa Ramadhan.

[Baca: Rabu dan Kamis Besok Jadwal Puasa Tasu'a dan 'Asyura 1440 H.]

Jika Anda hari ini melaksanakan shiyam ‘Asyura, padahal masih punya hutang puasa Ramadhan, maka sah puasa ‘Asyura Anda. Semoga Allah memberikan pahala besar untuk Anda dan mengampunkan dosa-dosa Anda setahun yang telah lalu. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version