View Full Version
Jum'at, 12 Jul 2019

Curiga Dimanfaatkan Lalu Tak Beri Bantuan

Soal:

Assalamu ‘Alaikum, saya mau bertanya, apakah termasuk sombong jika tidak melakukan kebaikan pada orang lain agar orang lain itu tidak kebiasaan dan cuma mau enaknya saja. Kadang merasa seperti dimanfaatkan dan orang lain seperti kebiasaan.

 

Jawab:

Wa'alaikumus Salam Warahmatullah ..

Alhamdulillah, segala puji milik Allah. Shalawat dan salam atas Rasulullah dan keluarganya.

Apa yang Anda tuturkan bukan sombong. Sombong itu menolak kebenaran dan meremehkan / merendahkan. Tetapi yang Anda lakukan itu sebagai usaha agar orang lain tidak berada dalam keburukan. Ini baik jika dilakukan dengan cara yang baik. Yaitu tetap berikan bantuan diiringi dengan nasihat baik.

Atau yang Anda lakukan itu sebagai usaha menyelamatkan diri dari korban kezaliman orang lain karena dimanfaatkan. Itupun jika ada bukti-bukti kuat bahwa dia memanfaatkan untuk kepentingan pribadinya dan ingin merugikan Anda.

Namun, jika tak ada bukti dan indikasi kuat maka lebih baik Anda berprasangka baik (husnudzan) kepadanya.

Teruslah lakukan kebaikan sesuai kemampuan. Sesungguhnya Allah mengetahui kebaikan yang dikerjakan hamba-Nya dengan tulus. Dia tidak akan menyia-nyiakan setiap kebaikan itu.  sehingga Allah akan memberikan balasan yang terbaik untuk Anda.

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ إِنَّا لَا نُضِيعُ أَجْرَ مَنْ أَحْسَنَ عَمَلًاأُولَٰئِكَ لَهُمْ جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهِمُ الْأَنْهَارُ يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِن ذَهَبٍ وَيَلْبَسُونَ ثِيَابًا خُضْرًا مِّن سُندُسٍ وَإِسْتَبْرَقٍ مُّتَّكِئِينَ فِيهَا عَلَى الْأَرَائِكِ  نِعْمَ الثَّوَابُ وَحَسُنَتْ مُرْتَفَقًا

Sesungguhnya mereka yang beriman dan beramal shalib, tentulah Kami tidak akan menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengerjakan amalan-(nya) dengan baik. (QS. 18:30) Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga ‘Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah sebaik-baik pahala, dan tempat istirahat yang indah.” (QS. Al-Kahfi: 30-31)

Dan ingat, saat berbuat baik kepada orang lain lakukan dengan ikhlas maka akan berpahala. Jangan berharap ucapan terima kasih dna balas budi. Wallahu a'lam. [PurWD/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version