View Full Version
Selasa, 19 Sep 2017

Peran Kodim dan Korem masih Efektif di Daerah, Jangan Dibubarkan

JAKARTA (voa-islam.com)- Peran Kodim dan Koramil dinilai sangat efektif dalam mendeteksi dini terhadap gerakan bersenjata yang mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Dari berbagai insiden bersenjata di banyak daerah, bisa kita lihat bahwa peran Kodim dan Korem sangat efektif," kata Fadli Zon, Selasa (19/9/2017) di akun Twitter pribadi miliknya.

Bahkan menurut Wakil Ketua DPR RI, peran Kodim dan Korem sejalan dengan historis, di mana peran keduanya masih berjalan efektif. "Kodim dan Korem serta satuan tugas wilayah, memiliki peran strategis dalam melakukan pembinaan teritorial di daerah.

Sebagai instrumen pertahanan yang sudah ada, Kodim dan Korem seharusnya diperkuat kapasitasnya.  Bukan justru diperlemah apalagi dibubarkan. Sehingga saya melihat wacana tersebut sangat tidak produktif."

Sehingga menurut Fadli, wacana yang dikeluarkan oleh Gubernur Lemhanas tersebut sebaiknya dipikirkan kembali karena kedua "lembaga" masih memiliki peran dan belum ada yang bisa menggantikan. "Struktur pemerintah daerah untuk mengatasi dinamika seperti itu, yang diwacanakan Gubernur Lemhanas, belum bisa menggantikan peran Kodim dan Korem." (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version