View Full Version
Kamis, 21 Sep 2017

Kopassus dan Masyarakat Akrab Nonton Bareng Film G30S/PKI

JAKARTA (voa-islam.com)—Markas Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Cijantung, Jakarta Timur menggelar nonton bareng fil G30S/PKI, Rabu malam (20/9/2017).

Dalam keterangan tertulis disebutkan, mulanya acara nobar ini ditujukan untuk keluarga besar Kopassus. Kemudian saat pemutaran mendapatkan perhatian dari masyarakat sekitar Cijantung yang menyaksikan pada sepanjang pagar luar di Lapangan Gatot Soebroto. 

Melihat antusiasme masyarakat yang menyaksikan Nobar tersebut, Kopassus membuka pagar lapangan dan mempersilahkan masyarakat untuk menyaksikan bersama. Para pedagang pun ikut masuk dan bersama masyarakat berbaur untuk menyaksikan film G30S/PKI yang digelar Kopassus pada tiga layar lebar berukuran 4x3 meter yang dijejer di lapangan.

Selain keluarga besar Kopassus, ternyata masyarakat sekitar juga secara spontan dan penuh antusias ikut menonton film pengkhianatan G30S/PKI tersebut sehingga terlihat kebersamaan dan keakraban diantara prajurit Kopassus beserta keluarganya dengan masyarakat yang datang hadir di lapangan Gatot Soebroto. 

Pemutaran film ini diperkirakan diikuti lebih dari 1.300 orang, baik prajurit dan keluarga besar Kopassus yang berasal dari Satuan 81 Kopassus, Grup 3 Kopassus dan Denma Kopassus maupun masyarakat sekitar Cijantung.

Pemutaran film ini bertujuan  agar keluarga besar Kopassus memahami sejarah kelam bangsa Indonesia pada peristiwa pengkhianatan pada 30 September 1965. Hal ini juga sebagai tindak lanjut amanat yang disampaikan oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Mulai malam ini sampai dengan tanggal 30 September nanti, satuan jajaran Kopassus akan menggelar nobar di lingkungan markas satuan. Puncaknya nanti semua satuan tersebut akan menggelar Nobar pada hari Sabtu, tanggal 30 September 2017, jam 19.30 Wib di daerah masing-masing," ujar Ferry. * [Dbs/Syaf/voa-islam.com]

Sumber foto: dokumentasi Kopassus


latestnews

View Full Version