View Full Version
Jum'at, 27 Dec 2013

Rinduku di Masjid Suci Nabawi

Masjid Nabawi, adalah salah satu masjid terpenting yang terdapat di Kota Madinah, Arab Saudi, karena dibangun oleh Nabi Muhammad SAW dan menjadi tempat makam beliau dan para sahabatnya.

Masjid ini merupakan salah satu masjid yang utama bagi umat Muslim setelah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjidil Aqsa di Yerusalem.

Masjid Nabawi adalah masjid kedua yang dibangun oleh Rasulullah saw., setelah Masjid Quba yang didirikan dalam perjalanan hijrah beliau dari Mekkah ke Madinah. Masjid Nabawi dibangun sejak saat-saat pertama Rasulullah saw. tiba di Madinah, yalah di tempat unta tunggangan Nabi saw. menghentikan perjalanannya. Lokasi itu semula adalah tempat penjemuran buah kurma milik anak yatim dua bersaudara Sahl dan Suhail bin ‘Amr, yang kemudian dibeli oleh Rasulullah saw. untuk dibangunkan masjid dan tempat kediaman beliau.

Awalnya, masjid ini berukuran sekitar 50 m × 50 m, dengan tinggi atap sekitar 3,5 m,Rasulullah saw. turut membangunnya dengan tangannya sendiri, bersama-sama dengan para shahabat dan kaum muslimin. Tembok di keempat sisi masjid ini terbuat dari batu bata dan tanah, sedangkan atapnya dari daun kurma dengan tiang-tiang penopangnya dari batang kurma. Sebagian atapnya dibiarkan terbuka begitu saja. Selama sembilan tahun pertama, masjid ini tanpa penerangan di malam hari. Hanya di waktu Isya, diadakan sedikit penerangan dengan membakar jerami.

Kemudian melekat pada salah satu sisi masjid, dibangun kediaman Nabi saw. Kediaman Nabi ini tidak seberapa besar dan tidak lebih mewah dari keadaan masjidnya, hanya tentu saja lebih tertutup. Selain itu ada pula bagian yang digunakan sebagai tempat orang-orang fakir-miskin yang tidak memiliki rumah. Belakangan, orang-orang ini dikenal sebagai ahlussufah atau para penghuni teras masjid.

Karenanya untuk menuntaskan rindu beribadah di Masjid Nabawi, VOA ISLAM mengajak Sahabat Voa Islam untuk mengunjungi Madinah dalam rangka ibadah umroh. 

Insya Allah Ustadz Badrul Tamam yang sejak awal membidani kelahiran rubrik Islamia di VOA ISLAM sejak 2009 lalu beserta Tim Redaksi VOA ISLAM mengajak umat Islam intuk menyambut panggilan Allah, yakni Haji dan Umroh.

Voa Islam memfasilitasi pembaca dan sahabat untuk bersama tim Redaksi VOA ISLAM menyambut panggilan Allah menuju Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Arab Saudi. 

Semoga Sahabat VOA ISLAM dapat turut serta mengunjungi lokasi perjuangan Nabi Muhammad menegakkan Islam dan lokasi lainnya yang bersejarah bagi Umat Islam di kota Mekkah, Madinah maupun Jeddah.

Pengalaman beribadah akan semakin sempurna karena VOA ISLAM hanya menjalankan prosesi ibadah yang sahih-sahih saja.

Apa saja tuntunan ibadah haji dan umroh yang sahih? berikut beberapa petunjuk sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW, yaitu :

1. Miqat ditempatnya sesuai sunnah

2. Tarwiyah di Mina

3. Wuquf, meninggalkan Arafah setelah matahari terbenam

4. Mabit di Mudzdalifah dan bertolak darinya sebelum matahari terbit

5. Thawaful Ifadah pada waktunya

6. Mabit di Mina pada hari-hari tasyrik

7. Thawaful Wadaa’ pada waktunya

Insya Allah dengan mengikuti aturan dan urutan sesuai sunnah Nabi Muhammad akan membuat ibadah dapat meraih Haji dan Umroh yang mabrur dan diterima oleh Allah Subhanahu Wa ta'ala...

Kami tunggu Anda Sahabat.

1) JADWAL KEBERANGKATAN : JANUARI - MARET 2014 

2) JADWAL KEBERANGKATAN : APRIL - JUNI 2014 

3) JADWAL KEBERANGKATAN : BULAN RAMADHAN 2014 

Hubungi ROYAL - VOA ISLAM TOUR

1) Ustadz Badrul Tamam [Bekasi]

     Hp & WhatsApp: 0877 81 22 7881

     Email: [email protected]

---------------------------------------------

2) Ustadz M. Hijrah Dachlan [Jakarta]

     Hp & WhatsApp: 08 111 777 824

     Email: [email protected]

---------------------------------------------

3) Budi Haryanto [Kartosuro & Solo]

     Hp & WhatsApp: 0813 20 58 28 68

     Email: [email protected]


latestnews

View Full Version