View Full Version
Jum'at, 11 Apr 2014

Wafaa Hefny : Cucu Hasan al-Banna Membentuk Pejuang Muslimah Mesir

CAIRO (voa-islam.com) - Lahir di Mesir apa yang disebut, "Koalisi Revolusi Perempuan Mesir", yang meliputi sembilan kelompok gerakan perempuan Mesir anti - kudeta. Gerakan itu terus menyeruakan kepulian mereka terhadap situasi politik di Mesir, khususnya kudeta yang dilancarkan oleh junta militer Mesir terhadap Presiden Mohammad Mursi.

Sembilann kelompok perempuan anti - kudetaMesir telah bersatu untuk membentuk koalisi dengan tujuan yang dinyatakan meningkatkan upaya  mengakhiri apa yang mereka gambarkan sebagai musim panas lalu, yaitut "kudeta militer" yang menumbangkan Presiden Mohammad Mursi .

"Aliansi ini bertujuan mendorong lebih banyak aktivitas perempuan dalam melawan kudeta militer", kata pemimpin aliansi Hoda Abdel - Moneim kepada kantor berita Turki, Anadolu Agency, Kamis, 10/4/2014.

Abdel- Moneim mengatakan aliansi akan berusaha untuk mendokumentasikan pelanggaran hak asasi manusia khususnya terhadap perempuan. "Kami mempersiapkan kejutan besar di seluruh negeri", katanya .

Pendukung Wanita Morsi telah memainkan peran aktif dalam demonstrasi yang sedang berlangsung terhadap tindkan kudeta militer musim panas lalu terhadap Mursi yang terpilih secara demokratis.

November lalu, pengadilan Mesir menjatuhkan hukuman 21 pendukung Mursi, sebagian besar perempuan - termasuk sejumlah anak di bawah umur - yang dijatuhi hukuman 11 tahun penjara masing-masing.Keputusan pengadilan itu  menyebabkan kecaman internasional. Muslimah muda  kemudian diberi  ditangguhkan hukuman mereka. Namun, setelah pengacara mereka mengajukan banding atas putusan tersebut .

Cucu Pendiri Jamaah Ikhwanul Muslimin

Wafaa Hefny, profesor sastra Inggris, terus  berjuang berusaha menyelamatkan para anggota dan pemimpin  Jamaah Ikhwanul Muslimin, yang sudah di vonis oleh pemerintah militer Mesir, sebagai kelompok terlarang yang berwenang dukungan militer Mesir merek sebuah "kelompok teroris ",  dan Wafaa dengan  tetap berkomitmen untuk perubahan secara damai dan menolak kekerasan .

Sebagian besar pemimpin Ikhwanul, termasuk Presiden Mesir Mohamed Mursi, sekarang di balik jeruji besi, Wafaa Hefny adalah cucu dari pendiri Jamaah Ikhwanul Hassan al - Banna.

Wafaa Hefny ingin mencegah generasi muda yang menjadi pendukung Ikhwan, dan diantara mereka yang frustrasi ingin  mengangkat senjata dalam menghadapi militer. Ini merupakan salah satu cobaan, dan sebuah  penumpasan terberat bagi Jamaah Ikhwan sejak Jamaah Ikhwan didirikan 86  tahun yang lalu.

"Semakin keras pemerintah menekan, kita semakin kita harus berkomitmen untuk melakukan aksi  damai . Itu adalah apa yang memberi kita kekuatan . Kekerasan akan sangat berbahaya bagi kami , " kata Wafaa.

"Ada beberapa kelompok Islamis muda mencoba untuk membangun kekuatan jihad menghadapi kekerasan militer, ini sangat berbahaya, dan kita harus  Kita harus menghentikan ini", tambanya.

Menggunakan kekerasan akan menjadi bencana, karena gerakannya akan kehilangan landasan moral yang tinggi dan memberikan alasan kepada pemerintah untuk menindak lebih keras, kata Hefny .

Wafaa terus melakukan pertemuan rahasia dengan kalangan muda Mesir, dan mencegah mereka melakukan kekerasan, dan terus melakukan kempanye menentang junta milter dan Abdul Fattah al-Sissi melalui jejerangi sosial, atau menggunakan media sosial, menulis skrip film dan desain logo anti - pemerintah .

Anak-anak semuda 10 memulaskan grafiti di dinding mengejek Abdel Fattah al - Sisi, seorang jenderal yang menggulingkan Mursi Juli lalu setelah protes massal terhadap pemerintahannya.

Sementara para aktivis Muslimah Mesir, dipenjara mereka diperkosa aparat keamanan Mesir, dan mengatakan, "Kami melecehkan - aparat  keamanan yang memperkosa. Kami mengirim pesan kepada mereka dan menulis di rumah-rumah mereka. Kita mengatakan 'ayahmu atau anakmu melakukan ini dan ini akan menekan mereka untuk berhenti ' , " kata Hefny .

Hefny , yang mengajar di Al - Azhar University, mengatakan dia selalu mengingatkan risiko yang dia hadapi, karena pekerjaannya untuk Ikhwan . Polisi rahasia terkadang meminta tetangganya untuk informasi tentang dia, katanya .

Ditanya mengapa dia tidak memilih masuk penjara, Hefny tersenyum dan teringat kakeknya yang dibunuh pada tahun 1949 .

"Ini adalah kasih yang berasal dari semangat Hassan al - Banna" , kata Hefny yang menggunakan model ponsel lama, dia berpikir tidak dapat disadap.  "Juga ibu saya berdoa untuk saya setiap hari", pungkasnya.


latestnews

View Full Version