View Full Version
Jum'at, 13 Jun 2014

Voa-Islamic Parenting (12): Apakah si Kecil Penghambat Sholat Tepat Waktu?

Sahabat muslimah...

Telah kita fahami bahwa menjadi seorang muslimah yang baik haruslah mampu menimbang dan menilai dengan cermat atas problema yang berhubungan dengan pribadinya.

Maka diwajibkan atas sahabat Muslimah untuk memiliki pemahaman dasar atas syari'at yang kuat. Hal ini sedikit tergambarkan atas permasalahan yang dialami sahabat muslimah yang sampai ke meja redaksi.

"Manakah yang lebih utama bagi Muslimah, sholat tepat waktu tapi mungkin terganggu rewelnya anak, atau sholat khusyu' namun sholatnya tidak tepat waktu (waktunya molor)."

Sahabat Muslimah...
Bila kita membahas hukum dalam menyikapi masalah ini pastilah terdapat perbedaan didalamnya. Maka lebih nyaman dan aman secara syar'i bila kita kembalikan pada hukum dasar yaitu perintah untuk sholat tepat waktu adalah suatu perintah yang bersifat umum. Berarti perintah untuk menegakkan sholat tepat waktu adalah perintah bagi Muslim maupun Muslimah.

Mungkin dalam ibadah harian kita sering mengalami kendala. Contoh disaat sahabat muslimah sedang sholat, namun tiba-tiba si kecil merengek nangis. Apakah sahabat muslimah harus membatalkan sholatnya? Ooo.. Tentu tidak, kita sholat sambil menggendong sang kecil kan boleh.
"Lhoh... masak sholat sambil jalan ke kamar?"
"Lhoh... Nanti kalau sang nanda bau ompol bagaimana?"
"Lhoh... (Eit... Nanti dulu)

Sahabat Muslimah...
Yakinlah, bahwa segala aktivitas yang dilakukan seorang Muslim pastilah terikat dengan hukum yang telah ditetapkan dalam garis syari'at.
Yakinlah, setiap hukum yang telah ditetapkan dalam garis syari'at pastilah ada rukhsoh disaat menghadapi permasalahan yang sulit.
Maka yakinlah, bahwa setiap kesulitan dalam Islam pasti ada kemudahan dan juga terselip didalamnya suatu kebaikan dan pelajaran didalamnya.

Sahabat muslimah...
Marilah kita menyelami kejadian yang mungkin terjadi dikala sahabat muslimah sholat tepat waktu dan memiliki anak kecil. Mungkin kejadian yang dialami yaitu:
Nanda rewel ketika sahabat muslimah sedang sholat
Nanda ngompol saat sahabat muslimah sedang sholat
Nanda melakukan hal yang membahayakan saat sahabat muslimah sedang sholat
Nanda mengganggu gerakan sholat sahabat muslimah, mungkin minta pangku atau minta gendong.

Ini mungkin kejadian yang akan mengganggu sahabat muslimah saat sholat dirumah. Maka seharusnya kita mempersiapkan nanda sebelum sahabat muslimah sholat. Upaya preventif yang bisa dilakukan diantaranya:
Mengkondisikan nanda dalam kondisi yang paling nyaman, tidak lapar dan memakai popok yang mampu menyerap pipis.
Meletakkan nanda di dekat tempat sujud, supaya disaat nanda rewel ketika sahabat Muslimah sholat, mudah untuk menggapainya.
Memberi nanda mainan yang tidak membahayakan.

Subhanalloh...sahabat muslimah, ternyata disaat sahabat muslimah membiasakan sholat tepat waktu dihadapan nanda sejak kecil, ini merupakan proses pendidikan yang teramat sangat berpengaruh bagi pembentukan memori emas bagi nanda. Dalam penelitian disimpulkan bahwa daya serap terbesar atas nanda yaitu apapun yang dialami. Dengan membiasakan nanda ikut terlibat maupun melihat sahabat muslimah sholat lima waktu dengan tepat waktu, sesungguhnya telah mengajarkan beberapa prinsip dasar bagi seorang muslim Kamil. Adapun prinsip tersebut adalah:

Mendahulukan kewajiban robbani dari kepentingan dunia.
Mengajak nanda untuk memahami arti ketaatan pada sang KHOLIQ.
Membiasakan nanda untuk tepat waktu.
Mengenalkan pada nanda tentang ubudiyah sejak dini.

Sahabat muslimah... Tetaplah semangat untuk menggapai kesempurnaan ibadah. Terus bermuhasabahlah, karena dengan muhasabah lah gerbang kesempurnaan dalam ibadah telah kita miliki.

Bismillah dan bertaqwalah serta jagalah untuk tetap istiqomah.
Wallohua'lam...

Oleh : Ust. Khoirul Faizin


latestnews

View Full Version