View Full Version
Ahad, 24 Apr 2016

Kajian Muslimah UNS: Meneladani Fatimah binti Asad, Ibu Kedua Rasulullah

SOLO (voa-islam.com)--Fatimah binti Asad merupakan sahabat Nabi yang paling berjasa dalam mendakwahkan Islam di masa Rasulullah. Sosok perempuan mulia ini dalam sejarah Islam tidak bisa kita abaikan begitu saja.

Semangat Fatimah binti Asad menuntut ilmu harus diteladani oleh para muslimah. Ustadzah Lutfiyah menerangkan, Fatimah binti Asad merupakan ibu kedua Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam setelah ibu kandungnya Siti Aminah.

Semenjak dalam asuhan pamannya secara otomatis, Fatimah binti Asad turut serta merawat dan mengasuh Rasulullah. Fatimah binti Asad juga merupakan sosok yang turut membantu Rasulullah pada saat melewati tahun-tahun kesedihan, dua orang yang paling dekat dengan Rasulullah wafat.

Lanjut Ustadzah Lutfiyah, Fatimah binti Asad memiliki semangat dalam menuntut ilmu. Semasa hidupnya dia banyak sekali belajar langsung pada Rasulullah. Bahkan menghafal dengan sangat baik apa yang Rasulullah ajarkan.

“Hingga kemudian banyak hadist- hadist yang dia hafalkan masuk dalam golongan hadist muttafaq’alaihi, yakni hadist yang diriwayatkan oleh imam Bukhari dan Muslim,” terang Ustadzah Lutfiyah dalam Kajian Muslimah Masjid Nurul Huda Universitas Sebelas Maret,  Solo Kamis (21/4/2016) silam.

Menurut ustadzah Lutfiyah, kemajuan teknologi seharusnya membuat muslimah- muslimah masa kini lebih bersemangat dalam menuntut ilmu.  Terlebih muslimah saat ini diberi banyak sekali kemudahan untuk bisa menuntut ilmu. Semangat muslimah mencari ilmu merupakan wujud syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta ’ala.

“Kemajuan teknologi seharusnya tidak membuat para muslimah terlena dan harus menjadikannya sebagai ajang mencari dan memperdalam ilmu,” tandasnya.* [Arief/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version