View Full Version
Rabu, 10 Aug 2016

Hijab adalah Budaya Nusantara, Ini Buktinya!

"Hijab itu budaya Arab! Bukan budaya Nusantara!"

Wets, ternyata yang ngomong begini belum memahami budaya asli Nusantara dengan baik dan menyeluruh.

Perkenalkan, ini adalah Rimpu, pakaian tradisional wanita Bima, Nusa Tenggara Barat. Rimpu ini ada dua, yaitu Rimpu Mpida dan Rimpu Colo.

Rimpu Mpida adalah Rimpu yang ada cadarnya, menutupi wajah si wanita. Biasanya wanita yang memakai Rimpu Mpida ini masih belum menikah.

Sedangkan Rimpu Colo adalah Rimpu yang tiada cadar. Biasanya dipakai oleh ibu-ibu atau mereka yang sudah menikah.

Yang membuat hijab syar'i ini begitu khas ialah bahannya. Kain yang dipakai sebagai khimar (kerudung) dan jilbab (gamis) ialah kain sarung khas Bima, namanya sarung Nggoli.

...Perkenalkan, ini adalah Rimpu, pakaian tradisional wanita Bima, Nusa Tenggara Barat. Rimpu ini ada dua, yaitu Rimpu Mpida dan Rimpu Colo...

Begitulah, bisa kita rasakan pengaruh Islam sangatlah kuat terhunjam dalam budaya Nusantara. Jadi yang mengatakan bahwa "hijab budaya Arab" ialah mereka yang liberal dan terkotak dalam pemikiran sempit warisan penjajah.

Sekadar info, bahkan dulu para wanita keraton Kesultanan Yogyakarta itu berhijab. Adapun pakaian kebaya dan kemben, dulu adalah pakaian yang dipakai oleh budak-budak yang dikirim oleh Raja Bali untuk sultan-sultan di Yogya sebagai hadiah. Namun setelah kekalahan Pangeran Diponegoro dalam Perang Jawa (1830), budaya barat yang dibawa penjajah kafir Belanda sangatlah kuat merasuki kehidupan di keraton sehingga bisa kita lihat, hari ini 'sebagian' budaya kita jauh dari kata syar'i.

Tetap, orang-orang kafir itu tidak sanggup menghancurkan syari'at dan budaya kita secara sempurna. Buktinya, budaya syar'i peninggalan Kesultanan Bima masih berbekas hingga zaman sekarang.

Eh, tapi kok sepi pengedukasian tentang budaya kita yang satu ini yah? Jujur saya juga baru tahu belum lama ini. Malah yang lebih ditonjolkan adalah budaya-budaya kita yang jauh dari syari'at.

Yah, begitulah tantangan zaman. Yang pasti bisa kita simpulkan, bahwa hijab syar’i itu adalah tren sepanjang masa. Dulu, kini, dan nanti. Kapan pun dan dimana pun. Jadi, masih berani bilang hijab itu bukan budaya Nusantara? Mikir dulu sebelum komentar! (rf/voa-islam.com)

Sumber: FP Indonesia Menutup Aurat

 


latestnews

View Full Version