View Full Version
Senin, 01 May 2017

Resensi: Al Quran Dihadirkan dalam Kisah Keseharian Anak

Judul Buku: Al-Quran Inspired Stories: Kika dan Pak Kosah

Kategori : Fiksi

Penerbit : Maghfirah Kids

Penulis : Dyah Utami Aryanti

Tebal buku : 24 halaman

Cetakan : Pertama, Maret 2017

Harga : Rp 30.000


Mencari buku anak bernuansa religi sebenarnya tidak terlalu sulit. Apalagi untuk sekarang ini, ketika orang tua mulai memerhatikan dan menyadari betapa pentingnya buku bacaan untuk anak. Penerbit dan penulis seolah berlomba-lomba menyajikan buku-buku yang berkualitas. Saya pribadi senang melihat buku-buku anak bernuansa religi semakin banyak dan berkembang. Terutama buku-buku lokal, yang sebenarnya tak kalah menarik untuk dibaca.

Seperti buku al-Qur’an Inspired Stories: Kika dan Pak Kosah. Dari judulnya kita bisa mengetahui bahwa buku ini berisi kisah-kisah yang terinspirasi dari al-Qur’an. Tapi mengingat target pembacanya berusia 5-8 tahun, buku ini hanya memuat 24 halaman. Jadi, tidak terlalu tebal. Tapi jangan salah, isinya sangat inspiratif dan sarat makna.

Buku al-Qur’an Inspired Stories ini punya beberapa seri. Satu seri memuat satu surah al-Qur'an yang akan dibahas bersama Kika dan teman-temannya. Menarik kan? Baru kali pertama, lho ada buku anak semacam ini di Indonesia.

Nah, untuk seri Kika dan Pak Kosah, sang penulis Dyah Utami mengambil surah al-Gaasyiyah sebagai latar belakang cerita. Kisahnya bermula dari gadis cilik bernama Kika yang merasa kasihan kepada Pak Kosah. Pak Kosah ini seorang petugas kebersihan sekolah. Ia terlihat lelah karena pekerjaannya. Tapi tanpa diduga-duga Pak Kosah mendapat piala penghargaan dari Kepala Sekolah. Karena berkat Pak Kosahlah, sekolah Kika bisa menjuarai lomba kebersihan.

...Buku al-Qur’an Inspired Stories ini punya beberapa seri. Satu seri memuat satu surah al-Qur'an yang akan dibahas bersama Kika dan teman-temannya...

Kika pun menceritakan kejadian tersebut kepada ibunya. Kemudian sang ibu memberi Kika suatu pandangan yang menarik. Pelajaran berharga mengenai sebab dan akibat, alasan mengapa Pak Kosah pantas mendapat penghargaan tersebut, dan bagaimana cara agar Kika bisa mendapat hadiah surga dari Allah.

Surga? Ya, surga! Kika jadi ingin mendapatkan hadiah surga. Sebab dalam surah al-Ghaasyiyah, Allah menciptakan surga dengan begitu indah, detail, dan sempurna. Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah SWT. Kun fayakun, apabila Dia sudah berkata jadi maka jadilah ...

Yang menarik di sini, selain ceritanya yang mengalir dan sederhana, ilustrasi yang disajikan juga memanjakan mata. Penggambaran surga dan neraka yang sebenarnya agak rumit dibuat menarik sesuai dengan usia anak. Kombinasi yang membuat saya tergelitik, antara religi dan imajinasi anak.

Saya pikir buku ini juga cocok dijadikan "dongeng" sebelum tidur. Siapa tahu kisah Kika bisa terbawa ke dalam alam bawah sadar si kecil, kemudian tertanam dan turut membentuk kepribadian anak yang senantiasa merindukan surga. (riafariana/voa-islam.com)

Sumber: Blog Nila Fauziyah

Share this post..

latestnews

View Full Version