View Full Version
Sabtu, 15 Jul 2017

Mualaf Alena dari Rusia, Menemukan Islam di New Zealand

Assalamu’alaikum. Namaku Alena dari Siberia, Rusia. Aku bekerja sebagai operator di call center New Zealand. Di negeri  inilah aku mengenal Islam dan memutuskan untuk memeluknya.

Merunut ke belakang tentang asal mulaku, aku dilahirkan dan besar di Rusia. Waktu itu namanya masih USSR yaitu Rusia dalam bentuk Uni Sovyet yang masih digdaya. Tak boleh ada agama saat itu. Tahun 2008, aku pindah ke New Zealand, negara dengan berbagai macam budaya, bangsa dan agama.

Ketika mulai belajar di AUT (New Zealand) aku bertemu dengan beberapa pelajar Muslim. Karena penasaran, aku pun banyak bertanya pada mereka tentang Islam. Itulah awal mula aku mengenal dien yang mulia ini. Islam mengubah kehidupanku dengan sangat drastis khususnya dalam hal memandang kehidupan dengan lebih bijak.

Sebelum masuk Islam, aku biasa main dengan teman untuk pesta dan clubbing. Tapi sejak mengenal Islam, aku tidak lagi melakukannya. Sejak memakai hijab, orang mulai menyesuaiakan diri bagaimana memperlakukanku. Dan ya, aku merasa mereka lebih menaruh hormat padaku dengan hijab yang melekat ini.

...Islam mengubah kehidupanku dengan sangat drastis khususnya dalam hal memandang kehidupan dengan lebih bijak...

Di dalam Islam, kita tidak boleh bersalaman dengan laki-laki non mahram apalagi berpelukan atau berciuman. Aku pun taat pada batasan yang telah digariskan oleh Islam. Saat bertemu dengan teman laki-laki, aku memberinya salam dan menjelaskan, “Senang bertemu denganmu tapi maaf agamaku tak mengizinkan aku untuk bersalaman denganmu.”

Aku mengucapkannya dengan tersenyum ramah sehingga mereka memakluminya. New Zealand adalah negara yang sangat menerima perbedaan semacam ini. Sayangnya, masih ada tantangan berat lain yang kuhadapi yaitu dari keluargaku sendiri, terlebih adikku. Mereka masih susah menerima bahwa aku sudah masuk Islam.

Di Rusia, orang masih berpikir bahwa bahwa Muslim itu adalah teroris. Mereka beranggapan demikian karena pengaruh apa yang mereka lihat dan dengar dari media. Aku merasa nyaman memakai hijab. Ada kalanya aku berpikir untuk berganti pekerjaan karena latar belakang pendidikanku adalah mengajar. Tapi kemudian aku berpikir, apakah mereka akan menerimaku sebagai guru di sini?

*Semoga saja ukhti Alena dimudahkan oleh Allah untuk mengamalkan ilmunya di  bidang pendidikan, insya Allah. (riafariana/voa-islam.com)

Sumber:revert2islamtoday

Share this post..

latestnews

View Full Version