View Full Version
Ahad, 24 Sep 2017

Mewujudkan Generasi Emas Melalui Peningkatan Kualitas Perempuan Indonesia

JAKARTA (voa-islam.com) - Lokakarya Nasional Persaudaraan Muslimah (Salimah) yang diselenggarakan 22 hingga 24 September 2017 di Hotel Balairung, Jakarta mengusung tema “Mewujudkan Generasi Emas Melalui Peningkatan Kualitas Perempuan Indonesia.”

Tema ini seiring dengan visi mulia “Generasi Emas 2045” yang diemban oleh seluruh elemen masyarakat, yaitu hadirnya 70 persen generasi usia produktif (15-64 tahun), bersamaan dengan momentum 100 tahun emas bangsa Indonesia, semenjak kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945.

Periode ini merupakan titik yang sangat produktif dan sangat berharga, perlu dikelola dan dimanfaatkan dengan baik, agar bangsa Indonesia diisi oleh insan yang berkarakter, religius, cerdas dan kompetitif.

Sebagai ormas perempuan, Persaudaraan Muslimah (Salimah) merasa terpanggil, menjadi bagian dari elemen bangsa yang berpartisipasi aktif, sesuai visi Salimah hingga 2020, “Menjadi ormas perempuan yang kokoh dan dinamis dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan, anak dan keluarga Indonesia”.

Upaya nyata yang dilakukan Salimah, berupa pendirian Lembaga Kelengkapan Salimah (LKS) berbasis pendidikan, seperti Rumah Yatim dan Baitul Qur’an Salimah (BQS), Salimah Center sebagai wadah pendidikan bagi perempuan, realisasi Sekolah Pranikah Salimah Indonesia (Serasi), Sekolah Ibu Salimah Terpadu (SISTER), Pembekalan Da’iyah dan Majlis Taklim, Pelatihan Motivator, Pelatihan Kepemimpinan Pengurus Salimah (PKPS), Pelatihan Kepribadian Muslimah (PKM) dan program Komunitas. Salimah telah menyiapkan perangkat pelaksanaan berupa modul dan silabus sebagai panduan untuk motivator Salimah merealisaikan program.

“Salimah hadir melalui program dan lembaga berbasis pendidikan dengan menitikberatkan peran keluarga sebagai unit sosial yang paling koheren dalam mengawal tumbuh kembang anak dan mengaktualisasikan diri. Menyadarkan masyarakat akan peran keluarga dalam menyiapkan generasi emas, terutama pada rentang usia 0-6 tahun yang disebut sebagai usia emas yang sangat menentukan masa depan generasi Indonesia. Mendidik bak menanam, mendidik generasi hari ini akan merasakan hasilnya 20 tahun mendatang,” papar Ketua Umum Salimah, Dra. Hj. Siti Faizah.

Dalam Lokakarya Nasional Salimah 2017, PP Salimah menghadirkan pengurus yang mewakili Departemen Pendidikan, Departemen Dakwah, Departemen Sumber Daya Manusia dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia dan Perwakilan dari Hongkong dan Taiwan. Serta Bendahara yang akan mencanangkan pendirian Lembaga Amal Zakat (LAZ) yang bermanfaat dalam menyalurkan bantuan sosial kemanusiaan melalui program Pos Peduli Musibah dan Bencana (P2MB) serta Program Peduli Anak Yatim (P2AY).

Semoga dengan Lokakarya Nasional 2017 Struktur Salimah di seluruh wilayah Indonesia siap merealisasikan program-program unggulannya, sebagai kontribusi konkrit untuk mewujudkan Generasi Emas. [persis.or.id/syahid/voa-islam.com]

Share this post..

latestnews

View Full Version