View Full Version
Jum'at, 01 Dec 2017

Ujian Muslimah Zaman Now

 
Oleh: Mintang Ummu Farras (Anggota Komunitas Jelita Shalihah)
    
Kaget! Tak disangka ternyata keistiqomahannya hanya seumur jagung. Yup, miris melihat berita salah satu artis ternama yang menanggalkan kerudungnya, padahal belum lama artis ini mengenakan kerudung.
 
Salah satu alasannya katanya, dia tidak bisa menerima beberapa pernyataan netizen yang mengkritiknya tentang gaya menutup auratnya yang belum sempurna dengan cara yang kurang ahsan, belum lagi ternyata netizen yang mengkritik terlihat sudah menutup aurat.
 
Si artis merasa kecewa ditambah diskusi yang dia lakukan dengan beberapa orang yang menurutnya memberikan pencerahan. 
 
Kejadian seperti ini sebenarnya sudah banyak kita temui baik dari kalangan artis maupun masyarakat umum. Mereka mempunyai berbagai alasan untuk menanggalkan hijabnya. Padahal kebanyakan alasan mereka menutup aurat karena mendapatkan hidayah, ada goncangan batin, pergolakan jiwa dan meresahkan pikiran hingga mereka memutuskan menutup aurat. Nah di sini kita bisa cermati, ternyata ada perjuangan dan pengorbanan yang mereka lakukan untuk menutup aurat.  
 
Sungguh sangat disayangkan, padahal menutup aurat adalah kewajiban yang hukumnya sama dengan shalat, yaitu wajib. Jika dikerjakan berpahala jika ditinggalkan berdosa. Dalam Al- Quran kewajiban menutup aurat bagi Muslimah tertera dalam Q.S An-Nur ayat 31 dan Al- Ahzab ayat 59. Seharusnya ini menjadi landasan, motivasi yang kuat ketika mereka menutup aurat.  
 
Selain itu, lingkungan pun sangat berpengaruh. Terutama orang-orang terdekat, keluarga, saudara, teman. Ketika kita berada dalam lingkungan yang senantiasa beramar ma'ruf nahyi munkar, selalu menasihati dalam kebenaran, insya Allah kita bisa istiqomah dalam menjalankan perintah-Nya. Untuk itulah kita harus pandai memilih lingkungan, jangan sampai kita terwarnai dengan lingkungan yang tidak mendukung upaya kita dalam menjalankan perintah-Nya. 
 
Dan akan lebih mudah kewajiban ini dijalankan ketika ada peran negara di dalamnya. Jika dalam sebuah negara, seluruh wanita Muslimah yang sudah baligh diwajibkan menutup aurat dan ada sanksi ketika melepaskannya, tentu saja dibarengi dengan edukasi dari negara dalam pelaksanaannya.
 
Dan Aturan ini akan terlaksana dengan sempurna hanya jika diterapkan dalam sebuah negara yang menggunakan aturan Islam dalam seluruh aspek kehidupannya. [syahid/voa-islam.com]
Share this post..

latestnews

View Full Version